Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Rawat Inap terhadap Minat Pemanfaatan Ulang di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang Tahun 2010

ARYANTI, SRI (2011) Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Rawat Inap terhadap Minat Pemanfaatan Ulang di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang Tahun 2010. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf)
12Kb
[img]PDF
14Kb
[img]PDF
14Kb
[img]PDF
16Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
16Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
17Kb
[img]PDF
16Kb
[img]PDF
14Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
14Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
14Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
18Kb
[img]PDF
18Kb
[img]
Preview
PDF
39Kb
[img]
Preview
PDF
44Kb
[img]
Preview
PDF
44Kb
[img]
Preview
PDF
32Kb
[img]
Preview
PDF
31Kb
[img]
Preview
PDF
30Kb
[img]
Preview
PDF
29Kb
[img]
Preview
PDF
30Kb
[img]
Preview
PDF
30Kb
[img]
Preview
PDF
31Kb
[img]
Preview
PDF
29Kb
[img]
Preview
PDF
54Kb
[img]
Preview
PDF
41Kb
[img]
Preview
PDF
37Kb
[img]
Preview
PDF
37Kb
[img]
Preview
PDF
53Kb

Abstract

ABSTRAK Sri Aryanti Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Rawat Inap terhadap Minat Pemanfaatan Ulang di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang Tahun 2010 xiv + 96 halaman + 31 tabel + 5 gambar + viii lampiran RSUD Dr. M. Ashari Pemalang dengan kapasitas tempat tidur ( TT ) 262 mempunyai posisi yang strategis di tengah kota Pemalang . Terjadi kecenderungan penurunan angka BOR yaitu tahun 2007 BOR 88,4 % dan tahun 2009 menjadi 80,82 %. Adanya gejala penurunan kunjungan pasien rawat inap lama ( terutama pasien umum dan askes ) yang memanfaatkan kembali pelayanan hanya 11-13 % pertahunnya, serta masih adanya keluhan dari pasien terhadap pelayanan rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi tentang mutu pelayanan admisi, mutu pelayanan dokter, mutu pelayanan keperawatan, mutu sarana dan mutu lingkungan rawat inap dan pengaruhnya terhadap minat pemanfaatan ulang. Penelitian observasional ini menggunakan metode survey dengan sifat kuantitatif analitik dan pendekatan crossectional. Sampel penelitian 102 pasien rawat inap yang memenuhi kriteria inklusi. Menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner terstruktur berupa data karakteristik, penilaian persepsi mutu pelayanan dan minat pemanfaatan ulang serta alasannya. Analisis data dilakukan secara univariat, analisis bivariat dengan uji Chi Square untuk mencari hubungan dan analisis multivariat dengan regresi logistik untuk mencari besarnya pengaruh. Persepsi terhadap mutu pelayanan admisi, pelayanan dokter, pelayanan keperawatan, sarana dan lingkungan rawat inap tidak sesuai dengan harapan pasien. Minat pemanfaatan ulang pelayanan kurang yaitu 37,3 %. Terdapat hubungan antara persepsi mutu pelayanan admisi (p = 0,0001), persepsi mutu pelayanan dokter (p = 0,0001), mutu pelayanan keperawatan (p = 0,004), mutu sarana rawat inap (p = 0,001) dan mutu lingkungan rawat inap (p = 0,0001) dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan dokter, keperawatan, sarana dan lingkungan terhadap minat pemanfaatan ulang dengan p value ≤ 0,05. Pengaruh yang paling besar adalah mutu pelayanan admisi (Exp (B)= 4,803),diikuti oleh mutu sarana (Exp (B)= 2,535 dan mutu pelayanan dokter rawat inap (Exp (B)= 1,568). Diharapkan manajemen rumah sakit dapat melakukan penataan, memperbaiki dan melengkapi kebutuhan sarana rawat inap. Dokter dan petugas admisi diharapkan dapat terus mengasah keterampilan dan meningkatkan profesionalisme pelayanan. Kata kunci : Mutu, Persepsi Mutu, Mutu Pelayanan, Minat Pemanfaatan Ulang Daftar Pustaka : 48 (1987-2008)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:28537
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Jul 2011 10:07
Last Modified:16 Aug 2011 15:06

Repository Staff Only: item control page