ARYANTI, SRI (2011) Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Rawat Inap terhadap Minat Pemanfaatan Ulang di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang Tahun 2010. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
| PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf) 12Kb | |
PDF 14Kb | ||
PDF 14Kb | ||
PDF 16Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 16Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 17Kb | ||
PDF 16Kb | ||
PDF 14Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 14Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 14Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 18Kb | ||
PDF 18Kb | ||
| PDF 39Kb | |
| PDF 44Kb | |
| PDF 44Kb | |
| PDF 32Kb | |
| PDF 31Kb | |
| PDF 30Kb | |
| PDF 29Kb | |
| PDF 30Kb | |
| PDF 30Kb | |
| PDF 31Kb | |
| PDF 29Kb | |
| PDF 54Kb | |
| PDF 41Kb | |
| PDF 37Kb | |
| PDF 37Kb | |
| PDF 53Kb |
Abstract
ABSTRAK Sri Aryanti Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Rawat Inap terhadap Minat Pemanfaatan Ulang di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang Tahun 2010 xiv + 96 halaman + 31 tabel + 5 gambar + viii lampiran RSUD Dr. M. Ashari Pemalang dengan kapasitas tempat tidur ( TT ) 262 mempunyai posisi yang strategis di tengah kota Pemalang . Terjadi kecenderungan penurunan angka BOR yaitu tahun 2007 BOR 88,4 % dan tahun 2009 menjadi 80,82 %. Adanya gejala penurunan kunjungan pasien rawat inap lama ( terutama pasien umum dan askes ) yang memanfaatkan kembali pelayanan hanya 11-13 % pertahunnya, serta masih adanya keluhan dari pasien terhadap pelayanan rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi tentang mutu pelayanan admisi, mutu pelayanan dokter, mutu pelayanan keperawatan, mutu sarana dan mutu lingkungan rawat inap dan pengaruhnya terhadap minat pemanfaatan ulang. Penelitian observasional ini menggunakan metode survey dengan sifat kuantitatif analitik dan pendekatan crossectional. Sampel penelitian 102 pasien rawat inap yang memenuhi kriteria inklusi. Menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner terstruktur berupa data karakteristik, penilaian persepsi mutu pelayanan dan minat pemanfaatan ulang serta alasannya. Analisis data dilakukan secara univariat, analisis bivariat dengan uji Chi Square untuk mencari hubungan dan analisis multivariat dengan regresi logistik untuk mencari besarnya pengaruh. Persepsi terhadap mutu pelayanan admisi, pelayanan dokter, pelayanan keperawatan, sarana dan lingkungan rawat inap tidak sesuai dengan harapan pasien. Minat pemanfaatan ulang pelayanan kurang yaitu 37,3 %. Terdapat hubungan antara persepsi mutu pelayanan admisi (p = 0,0001), persepsi mutu pelayanan dokter (p = 0,0001), mutu pelayanan keperawatan (p = 0,004), mutu sarana rawat inap (p = 0,001) dan mutu lingkungan rawat inap (p = 0,0001) dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan dokter, keperawatan, sarana dan lingkungan terhadap minat pemanfaatan ulang dengan p value ≤ 0,05. Pengaruh yang paling besar adalah mutu pelayanan admisi (Exp (B)= 4,803),diikuti oleh mutu sarana (Exp (B)= 2,535 dan mutu pelayanan dokter rawat inap (Exp (B)= 1,568). Diharapkan manajemen rumah sakit dapat melakukan penataan, memperbaiki dan melengkapi kebutuhan sarana rawat inap. Dokter dan petugas admisi diharapkan dapat terus mengasah keterampilan dan meningkatkan profesionalisme pelayanan. Kata kunci : Mutu, Persepsi Mutu, Mutu Pelayanan, Minat Pemanfaatan Ulang Daftar Pustaka : 48 (1987-2008)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health |
ID Code: | 28537 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 05 Jul 2011 10:07 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 15:06 |
Repository Staff Only: item control page