Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Pemeriksaan Kehamilan terhadap Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Bula Kabupaten Seram Bagian Timur Tahun 2010

MALAWAT, RIGOAN (2011) Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Pemeriksaan Kehamilan terhadap Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Bula Kabupaten Seram Bagian Timur Tahun 2010. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf)
11Kb
[img]PDF
23Kb
[img]PDF
23Kb
[img]PDF
23Kb
[img]PDF
23Kb
[img]PDF
23Kb
[img]PDF
23Kb
[img]PDF
16Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
15Kb
[img]PDF
17Kb
[img]
Preview
PDF
55Kb
[img]
Preview
PDF
29Kb
[img]
Preview
PDF
30Kb
[img]
Preview
PDF
39Kb
[img]
Preview
PDF
30Kb
[img]
Preview
PDF
29Kb
[img]
Preview
PDF
42Kb
[img]
Preview
PDF
39Kb
[img]
Preview
PDF
38Kb
[img]
Preview
PDF
39Kb
[img]
Preview
PDF
38Kb
[img]
Preview
PDF
46Kb

Abstract

ABSTRAK Rigoan Malawat Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Pemeriksaan Kehamilan terhadap Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Bula Kabupaten Seram Bagian Timur Tahun 2010 xii + 87 halaman + 24 tabel + 3 gambar + 6 lampiran Terjadinya penurunan cakupan K1 dan K4 di Puskesmas Bula sejak tahun 2006 sampai 2008 disertai keluhan layanan pemeriksaan ibu hamil. Tujuan penelitian adalah mengetahui persepsi mutu layanan pemeriksaan kehamilan yang meliputi persepsi kemampuaan, ketanggapan, keramahan, perhatian, fasilitas terhadap kepuasan oleh ibu hamil. Jenis penelitian observasional menggunakan pendekatan survei Cross sectional melalui wawancara dengan kuesioner tertutup untuk persepsi mutu dan persepsi kepuasan ibu hamil. Jumlah sampel 80 responden dengan kriteria inklusi ibu hamil multipara yang memeriksakan diri ke Puskesmas Bula. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan karakteristik responden, persepsi mutu layanan dan persepsi kepuasan. Analisis inferensial menggunakan Chi Square dan regresi logistik. Pada umumnya responden berpendidikan SMA keatas (77,5%), berpenghasilan tinggi (58,8%), tidak beresiko kehamilan (90%). Dalam persepsi mutu pelayanan sebagian besar responden menjawab bidan kurang mampu (60%), kurang tanggap (71,3%), kurang ramah (93,8%), perhatian (70%) dan fasilitas kurang baik (58,8%). Ada hubungan antara persepsi kemampuan dengan persepsi kepuasan (p=0,0001), persepsi ketanggapan (p=0,001), persepsi keramahan (p=0,037), persepsi perhatian (p=0,009), persepsi fasilitas (p=0,001) dengan kepuasan. Terdapat pengaruh bersama-sama untuk persepsi fasilitas Exp(B)=10,79, persepsi kemampuan Exp.(B)=8,51, persepsi perhatian Exp.(B)= 6,88 terhadap kepuasan ibu hamil. Diharapkan pihak manajemen KIA dapat melakukan evaluasi pelaksanaan pelayanan kehamilan, peningkatan keterampilan bidan dalam pelayanan kehamilan dan melengkapi sarana prasarana pelayanan pemeriksaan kehamilan. Kata kunci : Pelayanan Kehamilan, Mutu pelayanan, Kepuasan, Ibu Hamil Kepustakaan : 49, 1992 – 2010

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Health
ID Code:28546
Deposited By:Mr. Mikm Undip
Deposited On:05 Jul 2011 11:16
Last Modified:18 Aug 2011 12:28

Repository Staff Only: item control page