MALAWAT, RIGOAN (2011) Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Pemeriksaan Kehamilan terhadap Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Bula Kabupaten Seram Bagian Timur Tahun 2010. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
| PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf) 11Kb | |
PDF 23Kb | ||
PDF 23Kb | ||
PDF 23Kb | ||
PDF 23Kb | ||
PDF 23Kb | ||
PDF 23Kb | ||
PDF 16Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 15Kb | ||
PDF 17Kb | ||
| PDF 55Kb | |
| PDF 29Kb | |
| PDF 30Kb | |
| PDF 39Kb | |
| PDF 30Kb | |
| PDF 29Kb | |
| PDF 42Kb | |
| PDF 39Kb | |
| PDF 38Kb | |
| PDF 39Kb | |
| PDF 38Kb | |
| PDF 46Kb |
Abstract
ABSTRAK Rigoan Malawat Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Pemeriksaan Kehamilan terhadap Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Bula Kabupaten Seram Bagian Timur Tahun 2010 xii + 87 halaman + 24 tabel + 3 gambar + 6 lampiran Terjadinya penurunan cakupan K1 dan K4 di Puskesmas Bula sejak tahun 2006 sampai 2008 disertai keluhan layanan pemeriksaan ibu hamil. Tujuan penelitian adalah mengetahui persepsi mutu layanan pemeriksaan kehamilan yang meliputi persepsi kemampuaan, ketanggapan, keramahan, perhatian, fasilitas terhadap kepuasan oleh ibu hamil. Jenis penelitian observasional menggunakan pendekatan survei Cross sectional melalui wawancara dengan kuesioner tertutup untuk persepsi mutu dan persepsi kepuasan ibu hamil. Jumlah sampel 80 responden dengan kriteria inklusi ibu hamil multipara yang memeriksakan diri ke Puskesmas Bula. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan karakteristik responden, persepsi mutu layanan dan persepsi kepuasan. Analisis inferensial menggunakan Chi Square dan regresi logistik. Pada umumnya responden berpendidikan SMA keatas (77,5%), berpenghasilan tinggi (58,8%), tidak beresiko kehamilan (90%). Dalam persepsi mutu pelayanan sebagian besar responden menjawab bidan kurang mampu (60%), kurang tanggap (71,3%), kurang ramah (93,8%), perhatian (70%) dan fasilitas kurang baik (58,8%). Ada hubungan antara persepsi kemampuan dengan persepsi kepuasan (p=0,0001), persepsi ketanggapan (p=0,001), persepsi keramahan (p=0,037), persepsi perhatian (p=0,009), persepsi fasilitas (p=0,001) dengan kepuasan. Terdapat pengaruh bersama-sama untuk persepsi fasilitas Exp(B)=10,79, persepsi kemampuan Exp.(B)=8,51, persepsi perhatian Exp.(B)= 6,88 terhadap kepuasan ibu hamil. Diharapkan pihak manajemen KIA dapat melakukan evaluasi pelaksanaan pelayanan kehamilan, peningkatan keterampilan bidan dalam pelayanan kehamilan dan melengkapi sarana prasarana pelayanan pemeriksaan kehamilan. Kata kunci : Pelayanan Kehamilan, Mutu pelayanan, Kepuasan, Ibu Hamil Kepustakaan : 49, 1992 – 2010
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health |
ID Code: | 28546 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 05 Jul 2011 11:16 |
Last Modified: | 18 Aug 2011 12:28 |
Repository Staff Only: item control page