ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG DALAM MERUMUSKAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA JOLLONG PATI MELALUI PENDEKATAN SERVQUAL

Nurani, Remaylian (2020) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG DALAM MERUMUSKAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA JOLLONG PATI MELALUI PENDEKATAN SERVQUAL. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.

[img]
Preview
PDF
333Kb
[img]
Preview
PDF
169Kb
[img]
Preview
PDF
189Kb
[img]
Preview
PDF
386Kb
[img]
Preview
PDF
219Kb
[img]
Preview
PDF
86Kb
[img]
Preview
PDF
179Kb
[img]
Preview
PDF
1260Kb
[img]
Preview
PDF
517Kb

Abstract

Kepuasan pengunjung menjadi prioritas utama guna mempertahankan keberlangsungan bisnis agrowisata. Menciptakan strategi pengembangan yang berbasis pada kepuasan pengunjung menjadi salah satu solusi dalam mempertahankan keberlangsungan agrowisata. Tujuan penelitian 1) menganalisis kepuasan pengunjung dari aspek kualitas pelayanan; 2) merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan Agrowisata Jollong. Penelitian dilaksanakan pada Desember 2019 – Januari 2020 di Agrowisata Jollong dengan metode survei. Metode penentuan lokasi dilakukan secara purposive dengan alasan bahwa Agrowisata Jollong menjadi salah satu objek wisata populer di Kabupaten Pati yang menawarkan konsep wisata alam dan edukasi. Sampel yang digunakan pada tujuan 1) pengunjung Agrowisata Jollong yang dipilih secara accidental, jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 orang, ditentukan dengan metode quota; 2) 20 pengunjung Agrowisata Jollong, 3 perwakilan dari pihak pengelola Agrowisata Jollong, 1 perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Pati, 1 perwakilan dari PT. Perkebunan Nusantara dan Kepala Desa Sitiluhur, dipilih dengan metode purposive. Kepuasan pengunjung ditinjau dari aspek kualitas pelayanan dianalisis melalui Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan rata-rata skor kesesuaian (Tki) 86,70% artinya masih ada kinerja yang belum memenuhi harapan pengunjung, sedangkan indeks kepuasan pengunjung hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI) 67,2% artinya pengunjung puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan; 2) strategi pengembangan hasil analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) menunjukkan posisi Agrowisata Jollong pada kuadran I artinya memiliki lingkungan internal dan eksternal yang kuat, dengan alternatif strategi yang dapat diterapkan yaitu strategi SO (Strengths-Opportunities) yang mengkolaborasikan kekuatan dan peluang yang ada untuk meningkatkan daya tarik wisatawan. Kata kunci: agrowisata, CSI, IPA, kualitas pelayanan, strategi pengembangan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:81322
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2020 13:23
Last Modified:19 Nov 2020 13:23

Repository Staff Only: item control page