Hardiansyah, Hardiansyah and Hardian, Hardian (2014) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.
| PDF 548Kb | |
| PDF 16Kb | |
| PDF 21Kb | |
| PDF 7Kb | |
| PDF 103Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 10Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 10Kb | ||
| PDF 4Kb | |
| PDF 300Kb |
Abstract
Latar Belakang: Dalam belajar seseorang mahasiswa mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Gaya belajar dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Ada banyak gaya belajar, salah satunya adalah gaya belajar visual (V), auditorik (A), membaca/menulis (R), dan kinestetik (K) atau disingkat VARK. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa kedokteran umum Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain belah lintang yang dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2014. Data diambil dengan membagikan kuesioner VARK kepada mahasiswa. Subyek penelitian adalah 54 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang mengikuti perkuliahan semester pendek Fisiologi. Variabel yang diteliti adalah gaya belajar mahasiswa dan prestasi akademik mahasiswa dengan menggunakan uji statistik one way ANOVA. Hasil: Gaya belajar mahasiswa adalah visual 24,1%, auditorik 24,1%, membaca/menulis 18,5%, kinestetik 11,1%, visual auditorial 1,9%, visual reading 5,6%, visual kinestetik, 1,9%, auditorik reading 5,6% dan auditorik kinestetik 7,4%. Unimodal 77,8% dan multimodal 22,2%. Hubungan semua gaya belajar dengan prestasi akademik diperoleh p=0,2, hubungan gaya belajar unimodal dengan prestasi akademik diperoleh p=0,3, dan hubungan gaya belajar multimodal dengan prestasi akademik diperoleh p=0.017. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar gaya belajar yang digunakan adalah visual dan auditorik, dimana kedua gaya tersebut termasuk ke dalam tipe gaya unimodal. Selain itu, diperoleh juga bahwa tidak ada pengaruh gaya belajar unimodal terhadap prestasi akademik mahasiswa. Akan tetapi untuk gaya belajar multimodal, mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi akademik mahasiswa. Kata Kunci: gaya belajar, prestasi akademik, VARK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Medicine Faculty of Medicine > Department of Medicine |
ID Code: | 44652 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 04 Dec 2014 09:18 |
Last Modified: | 04 Dec 2014 09:18 |
Repository Staff Only: item control page