PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN

Hardiansyah, Hardiansyah and Hardian, Hardian (2014) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
548Kb
[img]
Preview
PDF
16Kb
[img]
Preview
PDF
21Kb
[img]
Preview
PDF
7Kb
[img]
Preview
PDF
103Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

10Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

10Kb
[img]
Preview
PDF
4Kb
[img]
Preview
PDF
300Kb

Abstract

Latar Belakang: Dalam belajar seseorang mahasiswa mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Gaya belajar dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Ada banyak gaya belajar, salah satunya adalah gaya belajar visual (V), auditorik (A), membaca/menulis (R), dan kinestetik (K) atau disingkat VARK. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa kedokteran umum Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain belah lintang yang dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2014. Data diambil dengan membagikan kuesioner VARK kepada mahasiswa. Subyek penelitian adalah 54 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang mengikuti perkuliahan semester pendek Fisiologi. Variabel yang diteliti adalah gaya belajar mahasiswa dan prestasi akademik mahasiswa dengan menggunakan uji statistik one way ANOVA. Hasil: Gaya belajar mahasiswa adalah visual 24,1%, auditorik 24,1%, membaca/menulis 18,5%, kinestetik 11,1%, visual auditorial 1,9%, visual reading 5,6%, visual kinestetik, 1,9%, auditorik reading 5,6% dan auditorik kinestetik 7,4%. Unimodal 77,8% dan multimodal 22,2%. Hubungan semua gaya belajar dengan prestasi akademik diperoleh p=0,2, hubungan gaya belajar unimodal dengan prestasi akademik diperoleh p=0,3, dan hubungan gaya belajar multimodal dengan prestasi akademik diperoleh p=0.017. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar gaya belajar yang digunakan adalah visual dan auditorik, dimana kedua gaya tersebut termasuk ke dalam tipe gaya unimodal. Selain itu, diperoleh juga bahwa tidak ada pengaruh gaya belajar unimodal terhadap prestasi akademik mahasiswa. Akan tetapi untuk gaya belajar multimodal, mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi akademik mahasiswa. Kata Kunci: gaya belajar, prestasi akademik, VARK.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QP Physiology
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44652
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Dec 2014 09:18
Last Modified:04 Dec 2014 09:18

Repository Staff Only: item control page