Fauzi, Arif (2020) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN BUAH NANAS MADU DI KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.
| PDF 716Kb | |
| PDF 292Kb | |
| PDF 213Kb | |
PDF Restricted to Registered users only 237Kb | ||
PDF Restricted to Registered users only 395Kb | ||
| PDF 7Kb | |
| PDF 298Kb | |
PDF Restricted to Registered users only 1042Kb |
Abstract
Nanas madu merupakan varietas buah yang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di Indonesia. Nanas madu juga banyak diminati karena rasanya dan memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen dan menganalisis preferensi konsumen serta atribut yang paling dipertimbangkan dalam membeli buah nanas madu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Juni 2020 di Kecamatan Belik. Penentuan lokasi menggunakan metode purposive dengan pertimbangan bahwa Kecamatan Belik merupakan sentra produksi buah nanas madu. Metode penelitian menggunakan survei dengan jumlah sampel ditentukan sebanyak 100 responden dan menggunakan accidental sampling Metode pengumpulan data dengan wawancara kepada responden, observasi, studi literatur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis konjoin. Atribut yang diteliti meliputi harga, warna, rasa dan bentuk buah nanas madu. Hasil analisis deskriptif diketahui bahwa karakteristik konsumen buah nanas madu di Kecamatan Belik mayoritas berjenis kelamin perempuan, berusia 20 sampai 29 tahun, memiliki pendidikan terakhir sekolah menengah (SMP/SMA) dan memiliki pendapatan mulai dari >Rp1.000.000-Rp3.500.000 per bulannya serta dengan jumlah anggota keluarga sebanyak 5 orang. Hasil analisis konjoin diketahui bahwa preferensi konsumen buah nanas madu di Kecamatan Belik yaitu konsumen lebih menyukai buah nanas madu yang memiliki harga >Rp3.500-Rp4.500 per buah, berwarna dominan kuning, memiliki rasa yang manis dan berbentuk potongan saat pembelian. Atribut yang dianggap paling penting bagi konsumen saat membeli buah nanas madu adalah atribut rasa. Kata kunci : analisis konjoin, konsumen, nanas madu, preferensi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
ID Code: | 82363 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 09 Feb 2021 11:05 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 11:05 |
Repository Staff Only: item control page