ANALISIS SIKAP DAN PREFERENSI KONSUMEN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH PISANG DI PASAR TRADISIONAL KOTA SEMARANG

Rumapea, Ewin (2020) ANALISIS SIKAP DAN PREFERENSI KONSUMEN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH PISANG DI PASAR TRADISIONAL KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, PROGRAM STUDI S1 AGRIBISNIS DEPARTEMEN PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF
294Kb
[img]
Preview
PDF
183Kb
[img]
Preview
PDF
235Kb
[img]
Preview
PDF
282Kb
[img]
Preview
PDF
358Kb
[img]
Preview
PDF
154Kb
[img]
Preview
PDF
177Kb
[img]
Preview
PDF
1001Kb

Abstract

ANALISIS SIKAP DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH PISANG DI PASAR TRADISIONAL KOTA SEMARANG (ANALYSIS OF ATTITUDES AND CONSUMER PREFERENCES ON PURCHASE DECISION BANANA FRUITS IN TRADITIONAL MARKET OF SEMARANG MONICIPALITY) Oleh Ewin Rumapea ABSTRAK Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sangat diminati masyarakat Indonesia. Banyaknya varietas buah pisang yang beredar di ritel-ritel buah akan mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jumlah jenis pisang yang terbanyak dibeli konsumen, menganalisis sikap konsumen terhadap atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli buah pisang, serta menganalisis preferensi konsumen dalam keputusan pembelian buah pisang di pasar tradisional Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Penentuan sampel dilakukan dengan quota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 108 responden yang dipilih sesuai kriteria penelitian untuk mewakili keseluruhan populasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara kepada responden dengan bantuan kuesioner terstruktur, observasi dan pencatatan. Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis sikap Multiatribut Fishbein, dan analisis Conjoint. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis buah pisang yang paling sering dibeli konsumen adalah pisang kepok dengan persentase 45%, sedangkan pisang yang paling jarang dibeli adalah pisang mas dengan persentase 6%. Sikap konsumen terhadap atribut yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian buah pisang berturut-turut adalah atribut rasa (17,17) bernilai positif, warna kulit buah (14,97) bernilai netral, ukuran (10,46) bernilai negatif, dan jumlah buah tiap sisir (9,95) bernilai negatif. Preferensi konsumen ditunjukkan oleh importance value yang paling diprioritaskan yaitu buah pisang dengan rasa agak manis, warna kulit kuning kehijauan, jumlah buah tiap sisir yang banyak (>16 buah), dan ukuran sedang (10-14 cm). Kata kunci : buah pisang, konsumen, pasar tradisional, preferensi, sikap

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:81974
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Jan 2021 19:07
Last Modified:01 Jan 2021 19:07

Repository Staff Only: item control page