Rohmah, Nur (2018) ANALISIS RANTAI PASOK PADA KOMODITAS BUNGA KRISAN DI KELOMPOK TANI GEMAH RIPAH DUSUN CLAPAR DESA DUREN KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi S-1 Agribisnis Departemen Pertanian .
| PDF 410Kb | |
| PDF 309Kb | |
| PDF 164Kb | |
| PDF 187Kb | |
| PDF 126Kb | |
| PDF 121Kb | |
| PDF 512Kb | |
| PDF 410Kb |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang kinerja rantai pasok pada komoditas bunga krisan di Kecamatan Bandungan dan menganalisis saluran distribusi yang akan dilihat berdasarkan alur produk dari produsen sampai ke kosumen dan perhitungan marjin serta efisiensi dalam rantai distribusi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Metode pengambilan data pada responden petani adalah dengan menggunakan sensus, jumlah responden petani adalah 32 orang. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel pegepul, pedagang besar, florist dan konsumen adalah dengan menggunakan snowball sampling. Jumlah sampel pengepul adalah 8 orang, jumlah sampel pedagang besar adalah 8 orang, jumlah sampel florist adalah 5 orang dan jumlah sampel konsumen adalah 5 orang. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian dengan cara mendeskripsikan keadaan di lapangan dari sejumlah individu yang diwawancara secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja rantai pasok dapat dikatakan berjalan cukup baik dilihat dari terpenuhinya kebutuhan bunga krisan hingga ke konsumen. Sasaran rantai pasok jelas, struktur rantai pasok yang baik, sumberdaya cukup memadai, proses bisnis rantai yang sudah baik, walaupun manajemen yang terjadi kurang baik akan tetapi secara keseluruhan performa rantai pasok cukup baik. Terdapat 2 saluran pemasaran dalam rantai pasok bunga krisan di Kelompok Tani Gemah Ripah. Saluran pemasaran 1 dimulai dari petani ke pengepul kemudian pedagang besar dan berakhir di pendekor. Saluran pemasaran 2 dimulai dari petani ke pengepul kemudian ke pedagang besar dilanjut ke florist dan terakhir konsumen akhir. Saluran pemasaran 1 dan saluran pemasaan 2 pada rantai pasok dapat dikatakan efisien dilihat dari nilai farmer’s share nya serta nilai marjin pemasaran bunga krisan. Saluran pemasaran 2 lebih kecil dibandingkan saluran pemasaran 2. Kata kunci: bunga krisan, farmer’s share, marjin pemasaran, rantai pasok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
ID Code: | 62839 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 04 Jul 2018 10:35 |
Last Modified: | 04 Jul 2018 10:35 |
Repository Staff Only: item control page