PENGARUH PEMBERIAN UBI UNGU (IPOMOEA BATATAS. L) TERHADAP KADAR ENZIM KATALASE HEPAR DAN OTAK PADA TIKUS YANG DIBERIKAN MINYAK JELANTAH

Trisnawan, Made Helthayana and Jusuf, Innawati (2014) PENGARUH PEMBERIAN UBI UNGU (IPOMOEA BATATAS. L) TERHADAP KADAR ENZIM KATALASE HEPAR DAN OTAK PADA TIKUS YANG DIBERIKAN MINYAK JELANTAH. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
3177Kb
[img]
Preview
PDF
109Kb
[img]
Preview
PDF
529Kb
[img]
Preview
PDF
98Kb
[img]
Preview
PDF
217Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

165Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

122Kb
[img]
Preview
PDF
72Kb
[img]
Preview
PDF
7Mb

Abstract

Latar Belakang, Pemanasan pada minyak goreng berulang kali merusak ikatan rangkap asam lemak dan membentuk ROS. Ubi ungu mengandung antioksidan yang dapat mencegah terjadinya stres oksidatif. Katalase adalah salah satu enzim yang bersifat antioksidan endogen yang melindungi sel dari stres oksidatif. Tujuan, Untuk mengetahui pengaruh pemberian ubi ungu dan minyak jelantah terhadap kadar enzim katalase (CAT) hepar dan otak tikus. Metode, Penelitian true experimental dengan desain post test only control group design. Tikus di adaptasi lalu dibagi secara acak ke dalam 4 kelompok yaitu, kelompok tikus yang mendapat pakan standar, kelompok tikus yang mendapat pakan standar dan minyak jelantah 3 ml/hari, kelompok tikus yang mendapat pakan standar dan ubi ungu ad libitum, kelompok tikus yang mendapat pakan standar, minyak jelantah 3 ml/hari, dan ubi ungu ad libitum). Pada hari ke-35 dilakukan pengambilan sampel hepar dan otak untuk semua kelompok dan dilakukan pengukuran kadar enzim katalase dengan mengukur tinggi busa hasil reaksi enzim katalase dan H2O2. Uji statistik menggunakan One Way Anova, Post Hoc, Pearson. Hasil, Terdapat perbedaan yang tidak signifikan kadar CAT hepar dan otak pada setiap kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol (P>0,05). Terdapat perbedaan yang signifikan diantara kadar CAT hepar dan otak (P<0,05). Pemberian ubi ungu meningkatkan kadar CAT hepar sebanyak 6,18% dan menurunkan kadar CAT otak sebanyak 10,20% sedangkan pemberian minyak jelantah dan ubi ungu meningkatkan kadar CAT hepar sebanyak 2,45% dan menurunkan kadar CAT otak sebanyak 16,33%. Simpulan, Terdapat pengaruh pemberian ubi ungu terhadap kadar CAT hepar dan otak tikus yang diberikan minyak jelantah. Kata Kunci: Ubi Ungu, Minyak Jelantah, Enzim Katalase (CAT)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44822
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Dec 2014 11:31
Last Modified:10 Dec 2014 11:31

Repository Staff Only: item control page