Pengaruh Ketersediaan Koleksi Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas X di Perpustakaan SMA 2 Semarang

Listya Saputri, Firdaus (2013) Pengaruh Ketersediaan Koleksi Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas X di Perpustakaan SMA 2 Semarang. Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF (BAB I)
37Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II)
81Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III)
91Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV)
58Kb
[img]PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

137Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VI)
44Kb

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Ketersediaan Koleksi Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas X di Perpustakaan SMA 2 Semarang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketersediaan koleksi terhadap peningkatan minat baca siswa kelas X di perpustakaan SMA 2 Semarang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di perpustakaan SMA 2 Semarang yang berjumlah 359 siswa. Sampel yang digunakan adalah sebesar 25 % dari jumlah populasi yang ada dengan hasil 90 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dalam bentuk kajian korelasi. Analisis dan pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus koefisien korelasi Pearson (r) dengan uji signifikansi uji t. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi penyebaran kuesioner kepada 90 siswa dan wawancara kepada 5 orang perwakilan dari siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapat responden tentang ragam koleksi adalah setuju yaitu sebesar 60%. Pendapat responden tentang jumlah koleksi sangat setuju yaitu sebesar 77,8%. Pendapat responden tentang kualitas koleksi adalah setuju yaitu sebesar 64%. Pendapat responden tentang ketersediaan sumber belajar adalah setuju yaitu sebesar 63,3 %. Pendapat responden tentang pelayanan adalah setuju yaitu sebesar 40,6%. Pendapat responden tentang proses belajar siswa adalah setuju yaitu sebesar 48,2 %. Pendapat responden tentang kesenangan membaca adalah setuju yaitu sebesar 78 %. Pendapat responden tentang frekuensi adalah kurang setuju yaitu analisis sebesar 37,8%. Pendapat responden tentang manfaat membaca adalah sangat setuju yaitu sebesar 46,7%. Pendapat responden tentang suasana perpustakaan adalah setuju yaitu sebesar 46,1 %. Uji keberartian (signifikansi) untuk penelitian ini dengan uji t menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung = 4,271 > t tabel 1,987 maka Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ketersediaan koleksi dengan minat baca siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang cukup berarti antara ketersediaan koleksi terhadap peningkatan minat baca siswa kelas X yaitu 0,414 dan ini berarti jika ketersediaan koleksi di perpustakaan SMA 2 Semarang ditingkatkan, maka minat baca siswa kelas X akan meningkat dan sebaliknya jika ketersediaan koleksi kurang diperhatikan, maka minat baca siswa akan menurun.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:40855
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Dec 2013 09:45
Last Modified:19 Aug 2019 11:36

Repository Staff Only: item control page