PERSEPSI PELAKU EKONOMI TERHADAP PEMANFAATAN PEMBANGUNAN JALAN TOL TRANS JAWA (RUAS TOL BATANG-SEMARANG) (Studi Kasus: Kecamatan Gringsing dan Kecamatan Weleri)

AZHAR, Dewi Rahma Yanti and MARDIANSJAH, Fadjar Hari (2020) PERSEPSI PELAKU EKONOMI TERHADAP PEMANFAATAN PEMBANGUNAN JALAN TOL TRANS JAWA (RUAS TOL BATANG-SEMARANG) (Studi Kasus: Kecamatan Gringsing dan Kecamatan Weleri). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul)
566Kb
[img]
Preview
PDF (Bab I)
213Kb
[img]
Preview
PDF (Bab V)
23Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
81Kb

Abstract

Jalan Tol Batang-Semarang yang telah beroperasi sejak Desember 2018, memberikan alternatif kepada sebagian pengguna kendaraan untuk beralih menggunakan jalan tol daripada Jalan Regional Pantura. Beralihnya arus lalu lintas tersebut memberikan pengaruh beragam pada perkembangan aktivitas ekonomi lokal di Pantura, termasuk di sepanjang koridor Jl. Raya Pantura Gringsing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peluang yang dapat dilakukan untuk mengintegrasikan manfaat pembangunan jalan tol Batang-Semarang terhadap ekonomi lokal wilayah Gringsing dan sekitarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui desk evaluation, observasi, dan wawancara. Penentuan narasumber menggunakan teknik purposive, yang berasal dari unsur-unsur pelaku ekonomi, pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan badan usaha. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Penelitian memperlihatkan bahwa pengoperasian Jalan Tol Batang-Semarang tidak hanya memberikan manfaat positif yang mempermudah akses, mempersingkat jarak dan waktu perjalanan, namun juga menimbulkan tantangan akibat penurunan omzet usaha rumah makan di Kawasan Gringsing. Keberadaan jalan tol juga membuka peluang bagi para pelaku ekonomi rumah makan dalam pengembangan usaha, dan bagi pemerintah daerah terbuka peluang investasi untuk para investor di Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. Sebagai infrastruktur baru Jalan Tol Batang-Semarang membutuhkan pembangunan dan pengembangan elemen infrastruktur, serta fasilitas lain sebagai suatu adaptasi wilayah untuk mengantisipasi perubahan sistem yang terjadi pasca pengoperasian jalan tol. Hasil penelitian ini dapat memberi pandangan baru terhadap pengaruh pembangunan jalan tol dari sisi sosial ekonomi yang dapat dijadikan referensi dalam melakukan kajian sosial ekonomi pada perencanan pembangunan jalan tol kedepan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:83217
Deposited By:Jurnal Planologi
Deposited On:25 Jun 2021 09:43
Last Modified:25 Jun 2021 09:43

Repository Staff Only: item control page