ANALISIS RANTAI PASOK DAN FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFISIENSI PEMASARAN ALPUKAT DI KECAMATAN BANDUNGAN, KABUPATEN SEMARANG

Helyanda, Muhammad Aidi (2021) ANALISIS RANTAI PASOK DAN FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFISIENSI PEMASARAN ALPUKAT DI KECAMATAN BANDUNGAN, KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.

[img]
Preview
PDF
484Kb
[img]
Preview
PDF
119Kb
[img]
Preview
PDF
239Kb
[img]
Preview
PDF
245Kb
[img]
Preview
PDF
392Kb
[img]
Preview
PDF
72Kb
[img]
Preview
PDF
126Kb
[img]
Preview
PDF
574Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis kondisi rantai pasok dan mengukur efisiensi pemasaran, serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi pemasaran alpukat di Kecamatan Bandungan. Penelitian dilaksanakan mulai bulan maret-Juni 2020. Metode penelitian digunakan metode survei. Metode pengambilan sampel petani alpukat di Kecamatan Bandunan menggunakan quota sampling, sebanyak 40 orang dan metode Snowball sampling untuk sampel lembaga pemasaran sebanyak 14 orang terdiri dari pengepul, pedagang besar, dan pengecer. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan pendekatan kerangka Food Supply Chain Network (FSCN). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi rantai pasok alpukat di Kecamatan Bandungan belum berjalan dengan baik. Sasaran pasar memiliki target jelas namun terdapat permasalahan dalam optimalisasi pengetahuan petani mengenai budidaya alpukat, struktur rantai yang terbentuk jelas, sumberdaya cukup memadai. Proses distribusi menunjukkan bahwa aliran produk dan aliran informasi belum terintegrasi dengan baik, belum ada siklus pasti dan lemahnya informasi ketersediaan alpukat sehingga waktu pengiriman ataupun kuota yang dikirim tidak bisa diprediksi dengan baik. (2) Terdapat tiga saluran pemasaran sudah efisien dengan nilai farmer’s share saluran pemasaran I yaitu 46,76%, saluran pemasaran II untuk kelas A yaitu 60,00% dan kelas B yaitu 51,89% dan saluran pemasaran III untuk kelas A yaitu 40,40% dan kelas B yaitu 51,14%.(3) Hasil uji hipotesis secara serempak harga petani, harga konsumen, dan saluran pemasaran berpengaruh terhadap efisiensi pemasaran dengan signifikan sebesar 0,000<0,05. Hasil uji secara parsial faktor harga petani dan harga konsumen berpengaruh terhadap efisiensi pemasaran dengan signifikan sebesar 0,000<0,05 dan faktor saluran pemasaran tidak berpengaruh terhadap efisiensi pemasaran dengan signifikan sebesar 0,090>0,05. Kata Kunci: alpukat, efisiensi pemasaran, kinerja, rantai pasok

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:82364
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Feb 2021 11:06
Last Modified:09 Feb 2021 11:06

Repository Staff Only: item control page