ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BROKOLI DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG

Rachman, Yudha Yana Noer (2020) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BROKOLI DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi S-1 Agribisnis, Departemen Pertanian.

[img]
Preview
PDF
792Kb
[img]
Preview
PDF
57Kb
[img]
Preview
PDF
202Kb
[img]
Preview
PDF
218Kb
[img]
Preview
PDF
282Kb
[img]
Preview
PDF
107Kb
[img]
Preview
PDF
919Kb

Abstract

Penjualan brokoli di desa sidomukti memiliki marjin yang besar antara produsen dan konsumen, penelitian ini bertujuan (I) Menganalisis saluran pemasaran brokoli di Desa Sidomukti Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang (II) Menganalisis hubungan farmer’s share terhadap harga jual produsen, harga konsumen, marjin pemasaran, dan biaya pemasaran (III) Menganalisis marjin pemasaran, farmer share’s, dan ratio keuntungan.Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari 2020 - Februari 2020. Metode pengambilan sampel petani menggunakan dengan Teknik sensus dan pengambilan sampel Lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling, terdapat 32 responden petani dan 14 responden lembaga pemasaran. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis marjin pemasaran, analisis efisiensi pemasaran, analisis farmer’s share, analisis rasio keuntungan dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat saluran pemasaran brokoli di desa Sidomukti, Nilai efisiensi pemasaran saluran 1, 2, 3 dan 4 masing-masing sebesar 50%, 61,76%, 64,28%, dan 72,5%, saluran pemasaran 1 merupakan saluran yang paling efisien. Berdasarkan Rasio keuntungan dan marjin pemasaran saluran paling efisien diperoleh pada saluran pemasaran 3. Berdasarkan Farmer’s Share saluran paling efisien diperoleh pada saluran pemasaran 4. Nilai koefisien korelasi antara harga jual produsen dengan farmer’s share sebesar 0.875, terdapat korelasi yang sangat kuat dan hubungannya searah. Nilai koefisinsi korelasi antara harga jual konsumen dengan farmer’s share sebesar -0.627, terdapat korelasi yang kuat tetapi hubungannya tidak searah. Nilai koefisien korelasi antara margin pemasaran dengan farmer’s share sebesar -0.964, terdapat korelasi yang sangat kuat namun hubungannya tidak searah. Nilai koefisien korelasi antara biaya pemasaran dengan farmer’s share sebesar -0.646, terdapat korelasi yang kuat tetapi hubungannya tidak searah. Kata kunci: brokoli, efisiensi pemasaran, farmers share, rasio keuntungan, marjin pemasaran, saluran pemasaran.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:82226
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Feb 2021 11:07
Last Modified:09 Feb 2021 11:07

Repository Staff Only: item control page