EDUKASI MENGGOSOK GIGI DENGAN MEDIA PERMAINAN DAKON TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN STATUS KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT (Studikasus pada masyarakat Desa Krasak Magelang)

LUSEPSIANA, Rima and Suwondo, Ari and Santoso, Bedjo (2019) EDUKASI MENGGOSOK GIGI DENGAN MEDIA PERMAINAN DAKON TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN STATUS KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT (Studikasus pada masyarakat Desa Krasak Magelang). Masters thesis, School of Postgraduate.

[img]
Preview
PDF
356Kb
[img]
Preview
PDF
307Kb
[img]
Preview
PDF
357Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

298Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

430Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

12Kb
[img]
Preview
PDF
10Kb
[img]
Preview
PDF
15Kb

Abstract

Latar Belakang: Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 – 2018 mengalami peningkatan cara menggosok gigi yang baik dan benar 0,5%, kemudian ada beberapa masalah kesehatan gigi dan mulut di desa Gejiwan paling tertinggi adalah karies sebesar 48,7% , Keadaan ini menyebabkan perlu ditingkatkan program edukasipadaanakusiadinitentangpentingnyamenjagakesehatangigidanronggamulutdengancarasikat gigi karena hal ini masih jauh dari yg dharapkan. Salah satu Upaya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dengan memberikan penyuluhandandemonstrasitentangmenggosokgigisertamemeliharakesehatangigidanmulutpadaanakusiadini, salah satunya dapatdilakukandengan media permainandakon. Hal inidikarenakankarakterisrikanaksebagaipembelajar yang aktifdanimajinasitinggimakadapatberkembangdanbelajardenganbaikmelaluikegiatanbermain.Permainandakoninisebagaisalahsatu alternative media permainanedukatif.Dengan media dakoninidiharapkanmemberikanpengetahuankepadaanakmengenaimenggosokgigisertamenjagakesehatangigidanmulut. Tujuan : Untuk menganalisis perbedaan pengetahuan, sikap dan ketrampilan masyarakatyang diberikan penyuluhan dengan metode demonstrasi dan permainan dakon. Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasiexperiment dengan pendekatan Pretest-Posttest control group design. Samplepenelitian ini mengunakan teknik Purposive sampling teridiri dari kelompok I danKelompok II dimulai degan pengisian kuisioner untuk mengetahui pengetahuan,sikap, dan ketrampilan masyarakat tentang kebersihan gigi dan mulut, denganmengunakan pre test sebelum pendidikan kebersihan gigi dan mulut denganmetode Demonstrasi dan permainan dakonserta post test sesudah penyuluhan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut, disertai pemeriksaan kebersihan gigi dan mulut masyarakat.Analisa data mengunakan uji statistik Hasil: Pengetahuan demonstrasi meningkat 25%, Pengetahuan permainan dakonmeningkat 20%, Sikap demonstrasi meningkat 30%, Sikap permainan dakon meningkat 25%, Keyakinan demonstrasi meningkat 20%, Keyakinan permainan dakon meningkat 23%, OHIS pada demonstrasi menurun dari 3,00-1,33, OHI-S pada permainan dakon menurun dari3,67-2,50 (p-value) paried sample t-test 0,000 (p<0,05). Kesimpulan: Metode permainan dakon tidak ada perbedaan dalam meningkatkanpengetahuan, sikap,ketrampilan dan kebersihan gigi dan mulut dibandingkanmetode demonstrasi pada masyarakat desa Krasak Salaman Magelang. Kata Kunci :Metode Demonstrasi, Metode permainan dakon, Peningkatan pengetahuan, Kebersihan gigi dan mulut, masyarakat

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Metode Demonstrasi, Metode permainan dakon, Peningkatan pengetahuan, Kebersihan gigi dan mulut, masyarakat
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:School of Postgraduate > Master Program in Epidemiology
ID Code:81904
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Nov 2020 11:37
Last Modified:25 Nov 2020 11:37

Repository Staff Only: item control page