ELEMEN DESAIN GANG YANG INKLUSIF SEBAGAI RUANG BERMAIN ANAK DI KAMPUNG SOSROWIJAYAN WETAN, KOTA YOGYAKARTA BERDASARKAN PREFERENSI PENGGUNA

INDRIASTUTI, Nurmaristia and KURNIATI, Rina (2020) ELEMEN DESAIN GANG YANG INKLUSIF SEBAGAI RUANG BERMAIN ANAK DI KAMPUNG SOSROWIJAYAN WETAN, KOTA YOGYAKARTA BERDASARKAN PREFERENSI PENGGUNA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF (Bab V)
28Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
143Kb
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1497Kb
[img]
Preview
PDF (Judul)
431Kb

Abstract

Kota Yogyakarta berhasil mempertahankan predikat sebagai Kota Layak Anak Kategori Nindya sejak tahun 2018. Namun, dalam perkembangannya, program Kampung Ramah Anak belum dapat diimplementasikan secara optimal pada beberapa kampung kota, terutama pada kampung kota yang berada pada kawasan wisata cepat tumbuh dengan jumlah anak-anak yang tinggi. Salah satunya yaitu Kampung Sosrowijayan Wetan. Persentase penduduk anak-anak pada kelompok usia 0 – 14 tahun di Kampung Sosrowijayan Wetan yaitu sebesar 16%. Pembangunan yang masif akibat desakan penyediaan sarana penunjang wisata dirasa memberi dampak yang signifikan pada inklusivitas ruang publik, khususnya ruang bermain sebagai ruang untuk beraktivitas fisik dan berinteraksi sosial bagi anak-anak. Oleh karena itu, fenomena tersebut penting untuk diteliti, sehingga muncul rumusan masalah yaitu bagaimana preferensi pengguna terhadap elemen desain yang diperlukan agar tercipta inklusivitas ruang bermain anak di Kampung Sosrowijayan Wetan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan elemen desain gang yang inklusif sebagai ruang bermain anak di Kampung Sosrowijayan Wetan, Kota Yogyakarta berdasarkan preferensi pengguna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan mengidentifikasi karakteristik anak-anak berdasarkan aktivitas fisik dan interaksi sosialnya melalui analisis behavior mapping. Tahap selanjutnya yaitu mengidentifikasi dan merumuskan preferensi elemen desain gang permukiman berdasarkan 3 aspek yaitu keamanan dan keselamatan, kenyamanan, serta ketersediaan fasilitas bermain melalui kuesioner. Tahap terakhir yaitu menentukan prioritas preferensi elemen desain tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa berdasarkan jenis kelamin, terdapat kesamaan kecenderungan pemilihan kebutuhan elemen desain gang. Sedangkan berdasarkan kelompok usia, terdapat perbedaan kecenderungan pemilihan kebutuhan elemen desain gang akibat adanya perbedaan aktivitas fisik dan interaksi sosialnya. Perbedaan preferensi desain tersebut disebabkan karena pada setiap tahapan usia anak memerlukan desain ruang bermain yang berbeda-beda sesuai kemampuan motorik, emosional, dan kemampuan adaptasi anak dengan lingkungan sekitar. Sehingga, penyediaan kebutuhan elemen desain gang yang inklusif sebagai ruang bermain anak di Kampung Sosrowijayan Wetan, Kota Yogyakarta, lebih ditekankan pada preferensi berdasarkan kelompok usia dan tahapan perkembangan anak.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:81533
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Sep 2020 14:46
Last Modified:22 Sep 2020 14:51

Repository Staff Only: item control page