PEMODELAN DAN KONTRIBUSI TARIKAN PERJALANAN KAWASAN PERDAGANGAN DAN JASA PADA JALAN MENOREH RAYA, SEMARANG

ANDRIKA, Adela Febe and BASUKI, Yudi (2020) PEMODELAN DAN KONTRIBUSI TARIKAN PERJALANAN KAWASAN PERDAGANGAN DAN JASA PADA JALAN MENOREH RAYA, SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
233Kb
[img]
Preview
PDF (Bab I)
718Kb
[img]
Preview
PDF (Bab V)
12Kb
[img]
Preview
PDF (Judul)
813Kb

Abstract

Kawasan perdagangan dan jasa memiliki fungsi untuk melayani kebutuhan masyarakat. Seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap barang dan jasa, maka semakin mendorong tarikan perjalanan ke kawasan perdagangan dan jasa. Jalan Menoreh Raya termasuk jalan arteri sekunder dengan fungsi sebagai kawasan perdagangan dan jasa yang melayani aktivitas berbelanja masyarakat. Kawasan perdagangan dan jasa ini menghasilkan tarikan perjalanan yang berkontribusi terhadap arus lalu lintas jalan. Dengan demikian, pemodelan tarikan perjalanan dibutuhkan untuk mengantisipasi permasalahan di masa mendatang. Tujuan penelitian adalah untuk memahami hubungan antara tarikan perjalanan dan karakteristik kawasan perdagangan dan jasa melalui model tarikan perjalanan serta mengetahui kontribusi tarikan perjalanan kawasan perdagangan dan jasa di Jalan Menoreh Raya. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan penghitungan kontribusi tarikan perjalanan kawasan perdagangan dan jasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam satu koridor jalan, persamaan yang dihasilkan adalah Y = -1,096 + 0,105X 2 + 0,149X 5 dengan X 2 adalah luas area parkir dan X 5 adalah jam operasional. Artinya, masyarakat lebih memilih toko dengan area parkir yang luas dan jam operasional yang tinggi. Variabel luas area parkir dan jam operasional dapat memberikan keleluasaan saat berbelanja. Semakin luas area parkir yang tersedia menandakan bahwa toko tersebut mempunyai pelanggan yang banyak, sehingga meningkatkan tarikan perjalanan. Selain itu, semakin tinggi jam operasional dari suato toko, artinya dapat menyediakan kebutuhan masyarakat dalam rentang waktu yang lebih lama. Secara lebih spesifik, hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap klasifikasi jenis perdagangan dan jasa menghasilkan persamaan yang berbeda-beda. Tarikan perjalanan pada jenis toko pakaian dan aksesoris, toko serba ada, dan warung makan dipengaruhi oleh jumlah pegawai (X 4 ). Sementara tarikan perjalanan restoran serta jasa fotokopi dan jasa pengiriman barang dipengaruhi oleh variabel omset penjualan (X 3 ). Artinya, saat suatu toko memiliki omset penjualan dan jumlah pegawai yang banyak, maka toko tersebut menarik pelanggan lebih banyak pula, sehingga akan meningkatkan tarikan perjalanan ke setiap jenis perdagangan dan jasa. Kawasan perdagangan dan jasa ini berkontribusi 9,75% terhadap arus lalu lintas pada jam puncak di Jalan Menoreh Raya. Kontribusi terbesar dihasilkan oleh toko serba ada sebesar 24,93%, restoran sebesar 21,09%, dan warung makan sebesar 10,62%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada jam puncak sore hari, masyarakat cenderung berbelanja kebutuhan sehari-hari dan mencari makan. Fungsi Jalan Menoreh Raya sebagai penghubung antara pusat kota dengan sub pusat kota membuat arus lalu lintas didominasi oleh aktivitas pulang dari bekerja. Hal ini berdampak pada kontribusi tarikan perjalanan yang dihasilkan oleh restoran dan warung makan di mana para pekerja mencari makan dalam perjalanan pulang. Model ini dapat digunakan untuk mengetahui kontribusi volume lalu lintas yang diakibatkan oleh aktivitas perdagangan dan jasa terhadap arus lalu lintas pada jalan arteri sekunder yang memiliki kesamaan karakteristik dengan Jalan Menoreh Raya. Model ini berguna untuk mengantisipasi tarikan perjalanan kawasan perdagangan dan jasa yang berdampak pada penambahan volume kendaraan. Hal ini dapat berpotensi meningkatkan beban jalan dan hambatan lalu lintas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:81528
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Sep 2020 13:56
Last Modified:22 Sep 2020 13:56

Repository Staff Only: item control page