Trisnaningtyas, Bella Putri (2020) Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian di Desa Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian .
| PDF 149Kb | |
| PDF 282Kb | |
| PDF 437Kb | |
| PDF 435Kb | |
| PDF 143Kb | |
| PDF 479Kb | |
| PDF 347Kb | |
| PDF 1985Kb |
Abstract
Penyuluhan merupakan salah satu bagian subsistem kelembagaan yang berperan dalam keberhasilan usahatani. Keberhasilan penyuluhan dapat diukur melalui tingkat kepuasan petani dalam menjamin harapan dan kebutuhan petani. Tujuan penelitian adalah menganalisis atribut yang menjadi prioritas untuk memperbaiki kinerja penyuluh pertanian dan tingkat kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh pertanian. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2019 – 13 Januari 2020 di Desa Senden, Selo, Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Total populasi penelitian adalah petani hortikultura yang disampling sebanyak 86 sampel secara simple random sampling. Metode pengumpulan data penelitian melalui kegiatan survei, wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis data penelitian terdiri atas data primer kuesioner dan data sekunder dokumentasi. Hasil penelitian Importance Performance Analysis (IPA) diperoleh bahwa terdapat empat atribut prioritas utama, enam atribut pertahankan prestasi, lima atribut prioritas rendah dan tiga atribut berlebih. Pada hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 74,09% atau 0,7409 yang menunjukkan bahwa petani merasa puas terhadap kinerja penyuluh pertanian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
ID Code: | 80946 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 19 Nov 2020 13:32 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 13:32 |
Repository Staff Only: item control page