STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSIK INDEPENDEN ALBUM “GENERATION Y” KUNTO AJI

Erika Dyah , Lestari (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSIK INDEPENDEN ALBUM “GENERATION Y” KUNTO AJI. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Mb
[img]
Preview
PDF - Published Version
691Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
577Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1123Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
9Mb
[img]
Preview
PDF - Published Version
85Kb

Abstract

Industri musik Indonesia merupakan ladang para musisi untuk memperkenalkan karyanya. Untuk bisa bersaing dan berkembang di industri musik Indonesia, para musisi memilih untuk bergabung dengan label komersial ataupun label indipenden. Untuk musisi yang memilih untuk bergabung dengan label komersial lebih mudah untuk memasarkan karnya karena bantuan dari label tersebut. Akan tetapi, untuk musisi yang memilih label independen harus memiliki usaha yang lebih untuk bisa memasarkan karyanya. Tidak sedikit juga musisi yang memilih jalur independen tidak bisa bersaing dengan musisi lainnya. Kunto Aji merupakan salah satu musisi yang memilih jalur independen dan bisa bersaing dengan musisi lain yang memilih label komersil. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Kunto Aji dalam memasarkan album Generation Y melalui jalur independen, sehingga bisa bertahan di industri musik Indonesia. Penelitian ini menggunakan Analisis SOSTAC dan Teknik Komunikasi Persuasif, disertai jurnal-jurnal penelitian terdahulu untuk menjelaskan hasil penelitian tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta analisis kualitatif domain. Data yang diperoleh menggunakan metode wawancara dan observasi partisipan dengan Kunto Aji, beberapa tim manajemen Kunto Aji dan penggemar Kunto Aji. Hasil penelitian ini merupakan analisis dari komunikasi pemasaran analisis SOSTAC dengan adanya semangat kolaborasi sampai digital platform yang digunakan. Serta penggunaan Teknik Komunikasi Persuasif yang membuat kedekatan intimate dengan para penggemar Kunto Aji. Selain itu, Kunto Aji dan tim manajemen adalah sebuah manajemen yang berjalan secara independen. Dengan adanya kedekatan yang terjalin antara Kunto Aji dan para penggemarnya, sebagai bukti tindakan loyalitas para penggemar tidak hanya membeli album Generation Y saja, melainkan memberikan art work maupun mengcover lagu Kunto Aji dari album Generation Y. Selain itu Kunto Aji juga mendapatkan penghargaan baik dalam dan luar negeri. Rekomendasi yang diberikan untuk Kunto Aji dan tim manajemen, antara lain lebih konsisten dalam menjalankan kegiatan Temu Akhir Bulan untuk tetap mempertahankan intimate yang terjalin dengan penggemar, membuat inovasi yang unik dan kreatif untuk karya-karya selanjutnya, serta semakin membuat karya yang dekat dengan penggemarnya. Kata Kunci : Industri Musik Indonesia, Label Musik Independen, Analisis SOSTAC, Teknik Komunikasi Persuasif, Digital Platform. ABSTRACT

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:77698
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Oct 2019 13:24
Last Modified:31 Oct 2019 13:24

Repository Staff Only: item control page