Afif , Hana Shofia (2019) PENGARUH TERPAAN BERITA SANGKETA PILPRES 2019 DI TRIBUNNEWS.COM DAN HASTAG #RAKYATTOLAKHASILPILPRES DI TWITTER TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAAN MASYARAKAT KEPADA LEMBAGA KPU. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.
| PDF - Published Version 458Kb | |
| PDF - Published Version 743Kb | |
| PDF - Published Version 454Kb | |
| PDF - Published Version 398Kb | |
| PDF - Published Version 395Kb | |
| PDF - Published Version 181Kb |
Abstract
Tribunnews.com sebagai media massa online menjalankan peranannya sesuai dengan amanah Undang – Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang pers yaitu sebagai control social kepada pemerintah maupun lembaga pemerintah. Salah satu bentuk control social tersebut adalah pemberitaan yang berkaitan dengan sengketa Pilpres 2019 yang terjadi di mahkamah konstitusi. Sejalan dengan pemberitaan di Tribunnews.com masyarakat mengungkapkan kekecewaan dan ketidakpercayaan mereka terhadap KPU dan hasil Pilpres di Twitter dengan hastag #RakyatTolakHasilPipres. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan berita sangketa Pilpres 2019 di Tribunnews.com dan terpaan informasi hastag #RakyatTolakHasilPilpres di Twitter terhadap tingkat kepercayaaan masyarakat kepada lembaga KPU. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitaif eksplanatif, dengan teori yang menjadi dasar penelitain adalah Teori Efek Kognitif Media Massa dan Expectancy Value Theory. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 khalayak yang menerima terpaan berita sangketa Pilpres 2019 di Tribunnews.com dan informasi Hastag #RakyatTolakHasilPilpres di Twitter yang ada di Universitas Diponegoro Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terpaan Berita Sangketa Pilpres 2019 di Tribunnews.com dan Terpaan informasi Hastag #RakyatTolakHasilPilpres di Twitter tidak berpengaruh terhadap Tingkat Kepercayaaan Masyarakat Kepada Lembaga KPU. Hasil ini sejalan dengan Teori Reinforcement yang dicetuskan oleh Klapper yang menegaskan bahwa komunikasi massa bukanlah penyebab yang cukup kuat berdampak pada khalayak. Kata Kunci : Terpaan Berita, Tingkat Kepercayaan, Teori Reinforcement
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
ID Code: | 76045 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 05 Sep 2019 09:12 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 14:23 |
Repository Staff Only: item control page