PENGARUH PENGAWASAN DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN (BAGIAN PRODUKSI PT POLITAMA PAKINDO KABUPATEN SEMARANG)

Hendra , Habiwibowo (2018) PENGARUH PENGAWASAN DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN (BAGIAN PRODUKSI PT POLITAMA PAKINDO KABUPATEN SEMARANG). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
515Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
290Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
127Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
272Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
9Kb

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin pesatnya perkembangan zaman yang menciptakan suatu tuntutan bagi perusahaan untuk tetap dapat bersaing secara kompetitif, hal itu tidak terlepas dari karyawan sebagai sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Kinerja karyawan erat hubungannya dengan tujuan perusahaan. Apabila kinerja karyawan dalam perusahaan baik maka tujuan perusahaan akan tercapai dengan baik. Tercapainya tujuan dari perusahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah pengawasan dan lingkungan kerja fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengawasan dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja karyawan pada bagian produksi PT Politama Pakindo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat penjelasan. Dalam penelitian ini populasinya adalah karyawan bagian produksi yang berjumlah 107 karyawan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh sebanyak 107 karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji regresi sedehana dan berganda, serta signifikansi uji T dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengawasan berpengaruh pada kinerja karyawan sebesar 40,8%. Lingkungan kerja fisik berpengaruh pada kinerja karyawan sebesar 27,9%. Sedangkan secara simultan pengawasan dan lingkungan kerja fisik mempunyai pengaruh pada kinerja karyawan sebesar 47,7 %. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengawasan pegawai dan lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan secara individual dan bersama. Saran yang diberikan yaitu PT Politama Pakindo perlu memperketat pengawasan, melakukan pengecekan hasil kerja secara rutin, menyediakan peralatan safety, serta melakukan pergantian peralatan secara berkala agar sesuai standar.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75385
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Aug 2019 13:32
Last Modified:14 Aug 2019 13:32

Repository Staff Only: item control page