ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LEADER MEMBER EXCHANGE TERHADAP PERILAKU INOVATIF DENGAN PROAKTIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA BPSDMD PROVINSI JAWA TENGAH)

APRIASTUTI, Indri and SUHARNOMO, Suharnomo (2018) ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LEADER MEMBER EXCHANGE TERHADAP PERILAKU INOVATIF DENGAN PROAKTIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA BPSDMD PROVINSI JAWA TENGAH). Masters thesis, Fakultas Ekonomika & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
26Kb
[img]
Preview
PDF
11Kb
[img]
Preview
PDF
54Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
18Kb

Abstract

ABSTRAK Perilaku inovatif pegawai sangat mempengaruhi perkembangan organisasi. Hal ini dikarenakan inovasi tidak akan muncul jika tidak ada perilaku inovatif dari para pegawainya. Perilaku inovatif ini dipengaruhi oleh budaya organisasi, leader member exchange, dan pro aktif dari pegawai.Penelitian dilakukan di BPSDMD (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah) Provinsi Jawa Tengah karena diklat ini terus melakukan inovasi, sehingga pada tahun 2017 BPSDMD Provinsi Jawa Tengah menjadi diklat terbaik di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode analisis PLS-SEM (Partial Least Square Structural Equation Modeling) untuk mengetahui hubungan antar variabel. Penelitian dilakukan dengan pengisian kuesioner dengan sampel berjumlah 68 responden. Kesimpulan dari penelitian ini adalah budaya organisasi berpengaruh positif terhadap proaktif dan perilaku inovatif, leader member exchange berpengaruh positif terhadap proaktif dan perilaku inovatif, dan proaktif berpengaruh positif terhadap perilaku inovatif. Selain itu, proaktif merupakan variabel yang dapat memediasi secara partial antara budaya organisasi keperilaku inovatif dan leader member exchange keperilaku inovatif. Kata kunci :budaya organisasi, leader member exchange, proaktif, perilaku inovatif

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Kata kunci :budaya organisasi, leader member exchange, proaktif, perilaku inovatif
Uncontrolled Keywords:Kata kunci :budaya organisasi, leader member exchange, proaktif, perilaku inovatif
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:75337
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Aug 2019 16:35
Last Modified:12 Aug 2019 16:35

Repository Staff Only: item control page