PENGARUH KUALITAS PRODUK , CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY SERIES J (Studi Kasus Pada Pengguna Samsung Galaxy Series J Di Kota Semarang)

Nur , Atika Ramawati (2018) PENGARUH KUALITAS PRODUK , CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY SERIES J (Studi Kasus Pada Pengguna Samsung Galaxy Series J Di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
779Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
625Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
703Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
685Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
199Kb

Abstract

Pada Era sekarang ini, alat komunikasi menjadi alat penunjang untuk segala aktivitas. Hal tersebut menjadi pasar untuk perusahaan digital khususnya yang bergerak di bidang komunikasi. PT Samsung menjadi perusahaan digital yang menempati posisi teratas pada marketshare di tahun 2013-2015 namun penjualan pada tahun 2015-2017 mengalami fluktuatif yang cenderung menurun. Hal ini disebabkan karena banyaknya pesaing yang muncul dengan memberikan kualitas produk, citra merek, dan harga yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang diberikan oleh kualitas produk, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian Samsung Galaxy Seri J di Kota Semarang. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research dimana teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan alat bantu kuesioner, sample yang digunakan berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik accidental. Responden yang dipilih adalah konsumen yang melakukan keputusan pembelian Samsung Galaxy Seri J di Kota Semarang. Metodologi yang digunakan untuk menganalisis data primer dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, dan uji signifikansi (uji t dan F) dengan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 61,8% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor selain kualitas produk. Citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 33,7% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor selain citra merek. Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 63,1%. Sedangkan, secara simultan kualitas produk, citra merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 77,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain selain kualitas produk, citra merek, dan harga . Artinya semakin baik kualitas produk, citra merek dan harga maka semakin tinggi keputusan pembelian Samsung Galaxy Seri J. Selain itu harga mempunyai pengaruh yang paling besar dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,733. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar PT. Samsung Electronics memberikan kualitas produk yang semakin baik dan canggih, mempertahankan citra perusahaan di benak konsumen dan memberikan harga yang sesuai dengan manfaat yang diberikan pada Samsung Galaxy Seri J.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75327
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Aug 2019 14:17
Last Modified:12 Aug 2019 14:17

Repository Staff Only: item control page