PENGARUH PEMBERIAN LEAFLET DAN PENJELASAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU MENGENAI PELAKSANAAN METODE KANGURU PADA BAYI BERAT LAHIR RENDAH

Harahap, Yunanda Rizki Amalia and Radityo S, Adhie Nur (2017) PENGARUH PEMBERIAN LEAFLET DAN PENJELASAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU MENGENAI PELAKSANAAN METODE KANGURU PADA BAYI BERAT LAHIR RENDAH. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
376Kb
[img]
Preview
PDF
200Kb
[img]
Preview
PDF
237Kb
[img]
Preview
PDF
347Kb

Abstract

Latar belakang: Bayi berat lahir rendah (BBLR) merupakan salah satu penyebab kematian neonatus di Indonesia.Perawatan metode kanguru (PMK) merupakan perawatan untuk BBLR. Untuk menurunkan kejadian kematian neonatal perlu dilakukan usaha preventif melalui penyuluhan guna meningkatkan pengetahuan ibu mengenai PMK pada BBLR. Penyuluhan menggunakan metode ceramah sudah sering dilakukan, sebaliknya pendekatan individu dengan menggunakan leaflet jarang dilakukan sehingga penelitian ini perlu dilaksanakan. Tujuan: Menganalisis pengaruh pemberian leaflet dan penjelasan terhadap pengetahuan ibu mengenai pelaksanaan metode kanguru pada BBLR. Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan kelompok pretest posttest. Subjek penelitian merupakan ibu dari bayi dengan BBLR di RSUP Dr. Kariadi Semarang yang dipilih secara consecutive sampling dari bulan Maret hingga Mei 2016. Peneliti memberikan kuesioner yang telah diuji validitas sebagai pretest dan kemudian subjek diberikan leaflet dan penjelasan. Posttest dilakukan satu hari setelah subjek diberikan leaflet dan penjelasan. Hasil: Pengetahuan pre-intervensi bernilai minimal 5, median 8 dan maksimal 11, sedangkan skor minimal 10, median 16, maksimal 19 didapatkan pada postintervensi. Diperoleh nilai p = 0,000 (p<0,05) pada perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian leaflet. Simpulan: Terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik antara pengetahuan ibu mengenai PMK dan setelah penyuluhan menggunakan leaflet. Kata kunci: Pengetahuan, leaflet, BBLR, pelaksanaan metode kanguru.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:56353
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Sep 2017 12:51
Last Modified:26 Sep 2017 12:51

Repository Staff Only: item control page