Manajemen Usaha Peternakan Sapi Perah di CV. Capita Farm, Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan. Kabupaten Semarang (Aspek : Ketenagakerjaan)

PURNAMASARI NH, Nisa and MARDININGSIH, Dyah (2017) Manajemen Usaha Peternakan Sapi Perah di CV. Capita Farm, Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan. Kabupaten Semarang (Aspek : Ketenagakerjaan). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
218Kb
[img]
Preview
PDF
126Kb
[img]
Preview
PDF
194Kb
[img]
Preview
PDF
126Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

341Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1320Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1793Kb

Abstract

Laporan Tugas Akhir disusun berdasarkan kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang telah dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2017 sampai dengan 20 Maret 2017 di CV. Capita Farm, Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang dengan tujuan untuk mengetahui tatalaksana pemeliharaan dan pemerahan sapi perah serta mengetahui manajemen ketenagakerjaan dalam kegiatan agribisnis. Manfaat dari Praktek Kerja Lapangan adalah menambah pengetahuan mengenai tatalaksana pemeliharaan, pemerahan dan manajemen ketenagakerjaan di CV. Capita Farm. Metode yang digunakan pada Praktek Kerja Lapangan adalah metode observasi dan partisipatif dimana hasil dari kedua metode tersebut selanjutnya akan di analisis menggunakan metode deskriptif dan kualitatif. Hasil Praktek Kerja Lapangan menunjukkan bahwa tatalaksana pemeliharaan yaitu sanitasi kandang kurang baik hanya dilakukan sekali. Penyakit yang menyerang mastitis dan Foot Rot. Tidak ada fasilitas laboratorium untuk menguji kualitas susu sehingga harus ke laboratorium lain. Pemasaran susu masih bekerjasama dengan KUD. Perencanaan tenaga kerja jangka menengahnya adalah menambah karyawan untuk kandang yang sedang dalam proses perencanaan pembangunan. Pengorganisasian kurang terorganisir dengan baik karena direktur merangkap pekerjaan sebagai manajer. Perekrutan tenaga kerja rata – rata dari penduduk desa Sumogawe. Proses seleksi hanya wawancara. Pelatihan untuk karyawan dilakukan secara intern dan ekstern. Motivasi kerja hanya berupa nasehat.Setiap karyawan diberikan program kesejahteraan berupa BPJS, uang santunan, THR dan bonus susu sedangkan Program kesejahteraan bersifat fasilitas seperti koperasi, rekreasi dan kafetaria tidak disediakan CV. Capita Farm. Pengawasan kerja berupa absensi tidak dilakukan dan peraturan kerja kurang dilaksanakan dengan baik.Pemberian gaji CV. Capita Farm sesuai UMK Semarang Rp. 1.750.000-, untuk karyawan yang memiliki jabatan lebih tinggi sedangkan karyawan bagian kandang hanya Rp. 1.200.000-,.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:55271
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Aug 2017 14:17
Last Modified:10 Aug 2017 14:17

Repository Staff Only: item control page