KEARIFAN LOKAL RUMAH TINGGAL SEBAGAI PENGEJAWANTAHAN ARSITEKTUR NUSANTARA DI KABUPATEN SUKAMARA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Purwanto, Edi and Apriyanto, Helwin and Yarjani, Yarjani (2018) KEARIFAN LOKAL RUMAH TINGGAL SEBAGAI PENGEJAWANTAHAN ARSITEKTUR NUSANTARA DI KABUPATEN SUKAMARA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Working Paper. Universitas Diponegoro, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
24Kb
[img]
Preview
PDF
650Kb
[img]
Preview
PDF
11Kb
[img]
Preview
PDF
312Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4Mb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

223Kb
[img]
Preview
PDF
21Kb

Abstract

Kabupaten Sukamara termasuk dalam wilayah Provinsi Kalimantan Tengah mempunyai potensi keragaman arsitektur rumah tinggal berdasarkan kondisi geografis di perbukitan, dataran rendah, tepi sungai, dan tepi pantai. Dengan perbedaan kondisi geografis demikian berpengaruh terhadap desain rumah tinggal tinggalnya, namun pada dasarnya mempunyai ciri yang hampir sama yaitu menggunakan konstruksi panggung dan berbahan bangunan kayu. Penelitian dengan judul Kearifan Lokal Rumah Tinggal sebagai Pengejawantahan Arsitektur Nusantara dengan mengambil lokus di Kabupaten Sukamara dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu bahwa rumah tinggal masyarakat kabupaten Sukamara terutama yang berada di wilayah perdesaan dibangun dengan memperhatikan unsur-unsur kearifan lokal yang merupakan pengejawantahan dari arsitektur nusantara. Arsitektur Nusantara mendasarkan pemahamannya atas arsitektur anak bangsa Nusantara yang berkonsepsi pada kenyataan geoklimatik yaitu terdiri dari kepulauan dan kondisi tropik lembab, serta kenyataan tradisi tanpa tulisan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia.

Item Type:Monograph (Working Paper)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:54952
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jul 2017 14:29
Last Modified:17 May 2018 11:38

Repository Staff Only: item control page