RAHMAT, BAWAZIER and Iswanto, Dhanoe and Budi Sarjono, Agung (2016) Kantor Operasional Trans MargaJateng Semarang Dengan Penekanan Desain Arsitektur Hi Tech. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
| PDF 202Kb | |
| PDF 675Kb | |
| PDF 542Kb | |
| PDF 640Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 2881Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 2739Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 635Kb | ||
| PDF 635Kb | |
| PDF 549Kb |
Abstract
Di Indonesia, pertambahan jumlah kendaraan berkisar antara 8-12% per tahun, sedangkanpertambahan panjang jalan berkisar antara 2-5% per tahun dengan rata-rata jaringan jalan kota-kotadi Indonesia, kurang dari 4% dari total luas wilayah kota (www.hubdat.web.id). Apabila halini terjadi terus menerus, maka kota-kota besar di Indonesia akan mengalami kemacetan yangsemakin parah.Salah satu kota besar dengan kemacetan parah yaitu kota Semarang. Kota Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah dengan luas wilayah 373,30km2serta dapat digolongkan sebagai kota metropolitan. Salah satu alternatif untuk mengatasi kemacetan dan kepadatan jumlah kendaraan di kota Semarang, Pemerintah menyelenggarakan pembangunan infrastruktur jalan tol berdasarkan Peraturan Nomor 15 Tahun 2005 tentang jalan tol. Saat ini kota Semarang sudah mengandalkan jalan tol sebagai jalur transportasi antar daerah. Salah satunya yaitu jalan tol Semarang-Solo. Jalan tol Semarang-Solomenjadi salah satu skala prioritas pembangunan jalan tol oleh Pemerintah saat ini, telah sesuai dengan tata ruang terpadu yang disusun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang diharapkan dapat mempercepat pengembangan wilayah tersebut.Jalan tol Semarang-Solodikelola oleh PT. Trans Marga Jateng (TMJ).Berdasarkan uraian di atas, dibutuhkan perencanaanGedung Kantor Operasional Jalan Tol Semarang-Solo sebagai fasilitas sarana atau wadah pihak PT. TMJ dalam mengelola, merencanakan, membangun, mengoperasikan dan memelihara jalan tol serta sarana kelengkapannya agar jalan tol dapat berfungsi sebagai jalan bebas hambatan yang memberikan manfaat lebih tinggi dari pada jalan umum bukan tol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering |
ID Code: | 49771 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 16 Aug 2016 14:55 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 14:55 |
Repository Staff Only: item control page