PERBEDAAN EFEK PEMBERIAN PRELOAD HES 200 KD DAN RINGER LAKTAT TERHADAP HIPOTENSI : Pasca Anestesi Spinal Pasien Sectio Cesarea

Nurunisa, Fithria and Sasongko, Himawan (2014) PERBEDAAN EFEK PEMBERIAN PRELOAD HES 200 KD DAN RINGER LAKTAT TERHADAP HIPOTENSI : Pasca Anestesi Spinal Pasien Sectio Cesarea. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
448Kb
[img]
Preview
PDF
160Kb
[img]
Preview
PDF
244Kb
[img]
Preview
PDF
91Kb
[img]
Preview
PDF
210Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

161Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

152Kb
[img]
Preview
PDF
84Kb
[img]
Preview
PDF
1041Kb

Abstract

Latar Belakang Dewasa ini sectio cesarea banyak menggunakan anestesi spinal. Pemberian preload cairan kristaloid maupun koloid dapat digunakan untuk mencegah komplikasi dari anestesi spinal yaitu hipotensi. Salah satu dari jenis cairan tersebut ialah Ringer Laktat dan HES 200 kD. Namun ada yang mengatakan bahwa penggunaan HES lebih baik dalam mencegah kejadian hipotensi daripada Ringer Laktat. Tujuan Mengetahui perbedaan efek pemberian preload 500 cc cairan koloid HES 200 kD dan cairan kristaloid ringer laktat terhadap kejadian hipotensi pasca anestesi spinal pasien sectio cesarea. Metode Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional retrospektif dengan studi cross-sectional. Sampel adalah 44 pasien yang memenuhikriteria inklusi dan eksklusi, kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok I menggunakan HES 200 kD dan kelompok II menggunakan Ringer Laktat. Penelitian dilakukan dengan cara mencatat data yang diperlukan dari rekam medis pasien RSUP Dr Kariadi Semarang. Data diolah dengan analisis menggunakan software komputer. Uji statistik menggunakan Chi-Square dan derajat kemaknaan P = 0,05. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk tabel. Hasil Data sebaran umur dan status ASA berdasarkan jenis cairan dengan uji Mann Whitney menunjukkan perbedaan yang tidak bermakna atau homogen. Pada uji non-parametrik Chi-Square didapatkan perbedaan yang tidak signifikan antara kelompok I dan kelompok II (p = 0,488). Kesimpulan Ada perbedaan tidak bermakna terhadap kejadian hipotensi pada pemberian preload 500 cc HES 200 kD dan Ringer Laktat pasca anestesi spinal pasien sectio cesarea. Kata Kunci: preload, HES, Ringer Laktat, hipotensi, anestesi spinal, sectio cesarea.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RD Surgery
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44631
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Dec 2014 11:46
Last Modified:03 Dec 2014 11:46

Repository Staff Only: item control page