PENGARUH PEMAKAIAN KONTRASEPSI SUNTIK DEPO PROVERA TERHADAP pH DAN VOLUME SALIVA SERTA ANGKA LEUKOSIT CAIRAN SULKUS GINGIVA

Wulandari, Agustina and Restadiamawati, Restadiamawati (2014) PENGARUH PEMAKAIAN KONTRASEPSI SUNTIK DEPO PROVERA TERHADAP pH DAN VOLUME SALIVA SERTA ANGKA LEUKOSIT CAIRAN SULKUS GINGIVA. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
320Kb
[img]
Preview
PDF
119Kb
[img]
Preview
PDF
319Kb
[img]
Preview
PDF
85Kb
[img]
Preview
PDF
443Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

184Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

187Kb
[img]
Preview
PDF
82Kb
[img]
Preview
PDF
1699Kb

Abstract

Latar belakang : Kontrasepsi suntik depo provera mengandung hormon progesteron berguna untuk mencegah terjadinya kehamilan pada wanita. Apabila terjadi peningkatan hormon progesteron maka akan mempengaruhi kondisi lingkungan rongga mulut. Di dalam rongga mulut terdapat saliva dan leukosit dalam cairan sulkus gingiva baik dalam keadaan sehat maupun meradang. Tujuan : Mengetahui pengaruh pemakaian kontrasepsi suntik depo provera terhadap pH dan volume saliva serta angka leukosit cairan sulkus gingiva. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan rancangan studi cross sectional. Subyek penelitian sebanyak 40 wanita berusia 20-35 tahun, yang terbagi atas 20 wanita pemakai kontrasepsi suntik depo provera dan 20 kelompok kontrol di Kelurahan Kramas Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Penelitian ini diawali dengan melakukan penilaian Oral Hygiene Index Simplified (OHI-S). Kemudian pengukuran pH saliva dengan pH meter digital Hanna dan pengukuran volume saliva dengan spuit 1 cc, sedangkan pengambilan cairan sulkus gingiva menggunakan spuit dengan jarum tumpul endo irrigation needles lalu dilakukan perhitungan angka leukosit cairan sulkus gingiva dengan mikroskop elektron. Hasil : Hasil penelitian didapatkan perbedaan yang bermakna (p = 0,000) dengan rerata pH saliva, volume saliva dan angka leukosit cairan sulkus gingiva yang lebih tinggi pada kelompok pemakai kontrasepsi suntik depo provera dibandingkan kelompok kontrol. Simpulan : Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemakaian kontrasepsi suntik depo provera terhadap peningkatan pH dan volume saliva serta angka leukosit cairan sulkus gingiva. Kata kunci : kontrasepsi suntik depo provera, pH saliva, volume saliva, angka leukosit cairan sulkus gingiva.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RK Dentistry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44426
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2014 11:42
Last Modified:19 Nov 2014 11:42

Repository Staff Only: item control page