HUBUNGAN TINGKAT DEPRESI DENGAN PERILAKU MASTURBASI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN TAHUN PERTAMA (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2013 Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro)

Larastiti , Adinda Putri and Fitrikasari, Alifiati and Sarjana A.S, Widodo (2014) HUBUNGAN TINGKAT DEPRESI DENGAN PERILAKU MASTURBASI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN TAHUN PERTAMA (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2013 Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
549Kb
[img]
Preview
PDF
100Kb
[img]
Preview
PDF
171Kb
[img]
Preview
PDF
103Kb
[img]
Preview
PDF
116Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

521Kb
[img]
Preview
PDF
82Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

250Kb
[img]
Preview
PDF
3150Kb

Abstract

Latar Belakang Mahasiswa fakultas kedokteran tahun pertama adalah kelompok yang rentan mengalami depresi. Depresi pada usia remaja akhir menjelang dewasa awal dapat memunculkan manifestasi berupa perubahan perilaku seksual, salah satunya adalah perilaku masturbasi. Individu yang depresi cenderung memiliki perilaku masturbasi yang lebih tinggi daripada individu yang tidak depresi. Tujuan Membuktikan adanya hubungan tingkat depresi dengan perilaku masturbasi pada mahasiswa fakultas kedokteran tahun pertama. Metode Penelitian ini merupakan penelitian observational analitik menggunakan desain cross sectional. Responden penelitian sebanyak 156 mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang Angkatan 2013. Tingkat depresi diukur menggunakan kuesioner Beck Depression Inventory-II, sedangkan perilaku masturbasi diukur dengan angket perilaku masturbasi. Hasil Tingkat depresi responden bervariasi, yakni tidak ada depresi (35,3%), depresi ringan (49,4%), depresi sedang (12,8%), dan depresi berat (2,6%). Pada uji Spearman’s tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara tingkat depresi dan perilaku masturbasi (p = 0,785). Kesimpulan Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat depresi dan perilaku masturbasi pada mahasiswa fakultas kedokteran tahun pertama karena nilai budaya dan agama yang kental, serta responden memiliki mekanisme lain untuk mengatasi depresi, seperti berdoa dan bicara dengan orang terdekat. Kata Kunci Tingkat depresi, perilaku masturbasi, mahasiswa fakultas kedokteran tahun pertama.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44415
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:19 Nov 2014 10:41
Last Modified:19 Nov 2014 10:41

Repository Staff Only: item control page