PENYUSUNAN SCHEDULE PERAWATAN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 SUB-ASSEMBLY REM BERBASIS RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)

ADIGAMA, ALANGGHYA SUSATYA and Wibowo, Dwi Basuki., Ir., MS (2011) PENYUSUNAN SCHEDULE PERAWATAN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 SUB-ASSEMBLY REM BERBASIS RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM). Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Department, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

201Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

770Kb
[img]
Preview
PDF
87Kb
[img]
Preview
PDF
313Kb
[img]
Preview
PDF
17Kb
[img]
Preview
PDF
8Kb
[img]
Preview
PDF
6Kb
[img]
Preview
PDF
56Kb
[img]
Preview
PDF
208Kb
[img]
Preview
PDF
116Kb
[img]
Preview
PDF
313Kb
[img]
Preview
PDF
313Kb
[img]
Preview
PDF
1400Kb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id

Abstract

Populasi sepeda motor semakin meningkat beberapa tahun ini, sejalan dengan hal itu frekuensi kecelakaan juga semakin meningkat karena faktor kelalaian pengendara dan kegagalan komponen karena kurangnya perawatan. Perawatan merupakan aspek yang sangat penting dalam pengoperasian sebuah sepeda motor. Sepeda motor dapat bekerja dengan baik apabila sub-assembly yang berada di dalamnya diperlakukan dengan baik. Salah satunya adalah subassembly rem, di mana beberapa komponen menerima beban berat. Dengan kondisi tersebut metode perawatan yang baik perlu dilakukan. Perawatan yang baik dan rutin akan membuat usia pakai sub-assembly rem sepeda motor jauh lebih lama. Salah satu metode perawatan yang baik adalah Reliability Centered Maintenance (RCM. Sub-assembly rem sepeda motor terdiri dari banyak komponen, dan beberapa komponen merupakan komponen kritis. Kegagalan fungsi pada komponen kritis akan membuat sistem rusak bahkan breakdown. Dalam RCM terdapat beberapa jenis perawatan yaitu preventive, reactive, predictive testing and inpection dan proactive maintenance. Penerapan RCM melalui beberapa tahap antara lain: Failure Mode Critical Effect Critical Analysis (FMECA), Logic Tree Analysis (LTA), estimasi umur, penyusunan schedule perawatan dan evaluasi. Tahap-tahap tersebut dilakukan dengan mengembangkan kegagalan pada sub-assembly dan penyebabnya. Setelah itu dilakukan pengujian operasional untuk memperoleh kondisi riil dari sepeda motor. Data-data hasil pengujian digunakan untuk equivalensi umur beberapa komponen utama pada sub-assembly. Hasil akhirnya berupa schecdule perawatan baru untuk melengkapi schedule standar yang telah ada dan penyusunan daftar resiko yang akan terjadi bila dalam pemakaian sepeda motor tidak normal dan perawatan yang kurang baik dari mulai kerusakan komponen sehingga perlu penggantian sampai terjadinya kecelakaan. Kata kunci : sepeda motor, rem, RCM, kegagalan, breakdown, schedule,perawatan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41391
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Jan 2014 09:37
Last Modified:23 Jan 2014 12:37

Repository Staff Only: item control page