KAJIAN KINERJA DAN PERENCANAAN PELABUHAN PERIKANAN MORODEMAK – JAWA TENGAH (Performance Evaluation and Design Of Fish Port in Morodemak – Central Java)

FITRIANTO, AGUSTA and SARI, S. NANING EKO SEKAR (2007) KAJIAN KINERJA DAN PERENCANAAN PELABUHAN PERIKANAN MORODEMAK – JAWA TENGAH (Performance Evaluation and Design Of Fish Port in Morodemak – Central Java). Undergraduate thesis, F. TEKNIK UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2577Kb
[img]
Preview
PDF
31Kb
[img]
Preview
PDF
14Kb
[img]
Preview
PDF
152Kb
[img]
Preview
PDF
271Kb
[img]
Preview
PDF
109Kb
[img]
Preview
PDF
1160Kb
[img]
Preview
PDF
315Kb
[img]
Preview
PDF
682Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

221Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

147Kb
[img]
Preview
PDF
77Kb
[img]
Preview
PDF
76Kb

Abstract

Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) merupakan salah satu jenis pelabuhan berdasarkan kegunaannya. Pelabuhan jenis ini banyak dibuat di Indonesia karena tidak begitu sulit dalam pembangunannya dibanding dengan pelabuhan penumpang atau pelabuhan barang. PPI biasanya dibangun di sekitar daerah perkampungan nelayan, bisa di sungai atau di tepi laut (pantai). Pada perencanaan PPI Banyutowo ini, bangunan yang akan direncanakan adalah bangunan pemecah gelombang (breakwater) dan bangunan dermaga. Pada pemecah gelombang perencanaannya meliputi tipe pemecah gelombang dan bahan yang digunakan. Tipe pemecah gelombang yang direncanakan yaitu tipe sisi miring dengan jumlah ada dua, yang terletak di sisi kanan dan sisi kiri pelabuhan dimana sisi kanan lebih panjang dibanding yang sisi kiri. Bahan yang digunakan dari batuan alam yang disusun tiga lapis dimana tiap lapis berat batu alamnya berbeda-beda. Untuk dermaga perencanaannya meliputi tipe dermaga, pondasi, dinding penahan (revetment), plat lantai dan balok dermaga serta fender dan bolder. Tipe dermaga yan direncanakan yaitu tipe wharf dengan ukuran 75x5 m2, untuk pondasi menggunakan pondasi tiang pancang persegi 25x25 cm2. Pada dinding penahan menggunakan sheet pile beton W-500, untuk plat lantai dan balok menggunakan beton bertulang dengan tebal plat lantai 15 cm dan ukuran balok 30x40 cm2. Sedangkan untuk fender dari kayu kelas I ukuran 6/12 dan bolder terbuat dari besi baja. Setelah perencanaan maka harus dibuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk mengetahui besarnya biaya yang diperlukan untuk pembangunan PPI tersebut. Selain itu juga perlu dibuat network planning dan time schedule agar pembangunan PPI tersebut dapat selesai tepat waktu. Kata kunci : PPI, pelabuhan, pemecah gelombang, dermaga, RAB ABSTRACTION Basis Landing of Fish (PPI) represent one of the port type pursuant to its usefulness. Port this type of made many in Indonesia because don’t be difficult so in its developments compared to with port of passenger or port of goods. PPI is usually woke up by around countrified area of fisherman, can in river or by the side of sea (coastal). At planning of this PPI Banyutowo, building to be planned by knapping building of wave (dock building and breakwater). At billows waving its planning cover knapping type of used materials and wave. Knapping type waving which is planned that is hypotenusa type with amount of theres two, which located in right side and port left side where longer right side compared to which is left side. Used materials of natural rock which compiled by triplex where every enduing its natural stone weight different each other. For the dock of its planning cover dock type, foundation, wall of revetment, plate dance and dock log and also and fender of bolder. Dock type of planned by that is type of wharf of the size 75x5 m2, for foundation to use square piling foundation 25x25 cm2. At wall of revetment use concrete pile sheet of W-500, for plate dance and log use reinforced concrete thickly plate dance 15 log size measure and cm 30x40 cm2. While for fender of class wood of I size measure 6 / 12 and made bolder of steel. After planning hence have to be blocked in Budget (RAB) to know the level of the expense of needed to development of PPI. Besides also require to be made by planning network and of time schedule so that development of the PPI can finish on schedule. Keywords : PPI, port, breakwater, dock, Budget

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:33862
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Feb 2012 07:34
Last Modified:27 Feb 2012 07:34

Repository Staff Only: item control page