Pengembangan Sistem Informasi Remunerasi Jasa Pelayanan Untuk Mendukung Evaluasi Kinerja Karyawan Di RSUD Kepahiang Bengkulu

HENDRYANI, Atika (2011) Pengembangan Sistem Informasi Remunerasi Jasa Pelayanan Untuk Mendukung Evaluasi Kinerja Karyawan Di RSUD Kepahiang Bengkulu. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
29Kb
[img]
Preview
PDF
9Kb
[img]
Preview
PDF
32Kb
[img]
Preview
PDF
10Kb
[img]
Preview
PDF
6Kb

Abstract

Universitas Diponegoro Program Pascasarjana Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen Kesehatan 2011 ABSTRAK Atika Hendryani Pengembangan Sistem Informasi Remunerasi Jasa Pelayanan untuk Mendukung Evaluasi Kinerja Karyawan di RSUD Kepahiang Bengkulu xvi, 143 halaman + 27 tabel + 69 gambar + 12 lampiran Remunerasi Jasa Pelayanan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kinerja karyawan di RSUD Kepahiang. Sistem informasi remunerasi yang ada saat ini masih paperbase sehingga menghasilkan informasi yang tidak akurat, sulit diakses, tidak tepat waktu dan tidak lengkap. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran sistem remunerasi jasa pelayanan yang sudah ada di RSUD kepahiang, mengetahui permasalahan sistem sebelum dikembangkan, merancang basis data, input, output dan antar muka sistem dan membangun sistem informasi remunerasi jasa pelayanan, melakukan uji coba sistem dan melakukan analisis perbedaan sistem sebelum dan sesudah dikembangkan. Penelitian dilakukan secara kualitatif untuk mengetahui permasalahan sistem informasi sebelum pengembangan dan secara kuantitatif untuk mengetahui kualitas informasi yang terdiri dari kemudahan akses, keakuratan, kelengkapan dan ketepatan waktu. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan metode content analysis, sementara analisis data kuantitatif dilakukan dengan analisis deskriptif kualitas informasi sistem informasi sebelum dan sesudah pengembangan yang dilakukan dengan metode statistik uji tanda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan model sistem informasi remunerasi jasa pelayanan di RSUD kepahiang Bengkulu mampu mengatasi permasalahan pada sistem informasi yang terjadi sebelum dikembangkan. Hasil analisis statistik dengan uji tanda menunjukkan terdapat perbedaan kemudahan akses, terdapat perbedaan keakuratan data, terdapat perbedaan ketepatan waktu dan terdapat perbedaan kelengkapan laporan antara sistem sebelum dengan sistem setelah dikembangkan. Informasi yang dihasilkan dari sistem informasi remunerasi yang telah dikembangkan dapat digunakan untuk mendukung evaluasi kinerja karyawan di RSUD kepahiang. Saran Bagi RSUD Kepahiang Bengkulu adalah perlu dibentuk unit khusus yang menangani masalah pengelolaan data elektronik, diberikan dukungan berupa pembiayaan pemeliharaan dan kebijakan untuk mengembangkan sistem informasi ini dan dikembangkan jaringan lokal (LAN) agar sistem remunerasi dapat dijalankan secara multi user sehingga dapat menyajikan informasi/laporan secara real time. Saran bagi manajemen di Seksi Pelayanan RSUD Kepahiang adalah perlu perubahan dalam pengelompokkan evaluasi kinerja karyawan agar dibedakan berdasarkan pendidikan dan perlu adanya verifikasi input data catatan tindakan medis karyawan sebelum diolah menggunakan sistem remunerasi jasa pelayanan Kata kunci : Sistem Informasi, Remunerasi Jasa Pelayanan RSUD, Perencanaan, Evaluasi Kinerja, RSUD Kepahiang Bengkulu Kepustakaan : 28, 1996 – 2011. Diponegoro University Postgraduate Program Master’s Program in Public Health Majoring in Health Management Information System 2011 ABSTRACT Atika Hendryani Information System Development on Remuneration to Support Employee Performance Evaluation at RSUD Kepahiang Bengkulu xvi, 143 pages + 27 tables + 69 figures + 12 enclosures Service remuneration was one of ways to improve work performance of workers in Kepahiang District General Hospital (RSUD). The current remuneration information system was still in paper based format and it produced inaccurate information, difficult to access, inaccurate time and incomplete. The objective of this study was to know the description of current service remuneration system in RSUD Kepahiang, to identify problems of the system before the development, to design data basis, to design input, output and system surfaces, to build service remuneration information system, to test the system and to analyze the system difference before and after the development. The study was performed qualitatively to identify information system problems before the development and was performed quantitatively to identify information quality that consisted of easiness to access, accuracy, completeness and time accuracy. Data was analyzed qualitatively using content analysis and quantitative data was analyzed descriptively for the quality of information system before and after the development using Sign-test method. Based on the results of study, it was concluded that the model development of service remuneration information system in RSUD Kepahiang Bengkulu was able to solve the problems found in the information system before the development. Result of statistic analysis using sign-test indicated the difference in the easiness of access, data accuracy, time accuracy and in the report completeness between before and after development of the system. Information that was produced after the development of service remuneration information system could be used to support work performance evaluation of workers in RSUD Kepahiang. It was suggested to RSUD Kepahiang to create special team to handle problems on the management of electronics data, to give support such as providing funding for the cost of maintaining the system, making policy to develop this information system and to develop local area networks (LAN) to enable the remuneration system run in the multiuser mode to provide real time information or reports. Suggestions for management in the Service Unit of RSUD Kepahiang were to change the grouping of worker’s work performance evaluation. It to be differentiated based on education. It was needed to do data input verification on worker medical action reports before analyzing the data using service remuneration system. Key words : Information system, RSUD service remuneration, planning, work performance evaluation, RSUD Kepahiang Bengkulu Bibliography : 28, 1996 - 2011

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:32631
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Jan 2012 13:04
Last Modified:26 Jan 2012 13:04

Repository Staff Only: item control page