Prasetyo, Eko Budi (2002) MASALAH RUTE TERPENIWK PADA JARINGAN JALAN MENGGUNAKAN LAMPU LALU-LINTAS UNTUK WAKTU TERTENTU RUTE NGESREP — SIMPANGLIMA. Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.
PDF Restricted to Repository staff only 2407Kb | ||
| PDF 16Kb | |
| PDF 173Kb | |
| PDF 54Kb | |
| PDF 80Kb | |
| PDF 476Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 1336Kb | ||
| PDF 22Kb | |
| PDF 31Kb | |
| PDF 263Kb |
Abstract
Tujuan dari permasalahan rute terpendek pada jaringan jalan yang menggunakan lampu lalu-lintas adalah memperoleh rute yang menghubungkan node asal s dan node tujuan j, yang mempunyai waktu perjalanan minimum. Lampu lalu-lintas pada jaringan jalan ini diasumsikan hanya terdiri dari dua fase yaitu merah dan hijau, dengan periode waktu siklus adalah konstan. Pennasalahan ini dapat direpresentasikan kedalam graph berarah. Persimpangan jalan diwakili oleh node, dengan waktu tunggu pada persimpangan adalah bobot node, dan jalan direpresentasikan kedalam arc, dengan waktu peijalanan adalah bobot arc. Waktu perjalanan dari node asal ke node tujuan dipengaruhi oleh dua faktor yaitu waktu perjalanan untuk tiap jalan dan waktu tunggu pada persimpangan jalan, dengan lamanya waktu tunggu diatur oleh lampu lalu-lintas. Untuk menyelesaikan permasalahan rute. terpendek ini digunakan algoritma Ford Moore Bellman yang telah dimodifikasi. Modifikasi yang dimaksud adalah merubah bobot lintasan dari jarak menjadi waktu ped alanan, dengan waktu tunggu pada persimpangan jalan merupakan bobot node dan waktu perjalanan pada jalan adalah bobot arc. Dalam aplikasinya digunakan beberapa asumsi yaitu: kecepatan kendaraan ketika melewati rute ini adalah konstan yaitu 40 km/jam, tidak terdapat kemacetan pada rute tersebut dan kendaraan hanya berhenti di persimpangan jalan karena lampu lalu-lintas. The aim of shortest path problem in street networks with traffic lights is find a path from the origin nodes s to the destination nodes j, which has the minimum travel time. The traffic lights in this street networks assumed only have two phase; green and red, which periodic time was fixed. This problem can be represented to directed graphs. Intersections represented by nodes, which waiting time for every intersections is weight of nodes, and streets represented to arcs, which travel time for every street is weight of arcs. The travel times from the origin nodes to the destination nodes, depend upon two things: travel time for every streets and the waiting time for every intersections, which the waiting time depend with traffic lights. To solved this shortest path problem used modification of the Ford Moore Bellman algorithm. The modification is changing weight of path from length to travel time, which waiting time on intersections is weight of nodes and travel time for street is weight of arcs. In the applications, used assumsions, which: the speed of motor when traveling in this routes is constant 40 km/hour, not jam in this routes, and motor only stop in intersections because the traffic lights.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics |
ID Code: | 32225 |
Deposited By: | Ms upt perpus3 |
Deposited On: | 03 Jan 2012 15:00 |
Last Modified: | 03 Jan 2012 15:00 |
Repository Staff Only: item control page