ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DENGAN CHOICE-BASED CONJOINT (SURVEI PREFERENSI PELANGGAN TERHADAP PROFIL DISK FILM DI CV MULTI CINEMAX SEMARANG)

SADMOKO HESTI PAMBUDI, SADMOKO HESTI (2010) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DENGAN CHOICE-BASED CONJOINT (SURVEI PREFERENSI PELANGGAN TERHADAP PROFIL DISK FILM DI CV MULTI CINEMAX SEMARANG). Undergraduate thesis, FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
8Kb
[img]
Preview
PDF
19Kb

Abstract

Preferensi konsumen selalu menjadi perhatian penting dalam riset pasar yang berfungsi sebagai dasar evaluasi maupun peluncuran produk baru. Analisis Conjoint (Conjoint Analysis) merupakan suatu metode dalam analisis multivariat yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat preferensi konsumen. Analisis ini digunakan untuk mendapatkan kombinasi atau komposisi dari atribut-atribut suatu produk atau jasa yang paling disukai oleh konsumen. Tujuannya adalah untuk menentukan tingkat kepentingan relatif (utility) atribut-atribut pada proses pemilihan yang dilakukan oleh konsumen sehingga dapat diketahui komposisi produk dan faktor yang paling disukai oleh konsumen. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis conjoin. Metode analisis Conjoint yang digunakan adalah choice-based conjoint dengan metode presentasi full profile. Dalam penelitian ini konsumen diminta untuk memilih salah satu kombinasi atribut dari empat atribut dalam tiap-tiap choice set dimana keseluruhan terdapat dua belas choice set. Nilai utility pada choice-based conjoint diperoleh dengan metode multinomial logit. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pada atribut produksi film, urutan preferensinya adalah film barat-film Indonesia-film Asia. Atribut sifat film, urutan preferensinya adalah komedi-action-drama-misteri. Atribut kualitas kaset film, dilihat dari nilai parameternya bahwa kaset original lebih disukai dari pada kaset bajakan. Atribut bentuk kaset film, diketahui bahwa bentuk kaset DVD lebih disukai daripada kaset VCD. Atribut terakhir yaitu jenis film, diketahui bahwa film kartun lebih disukai daripada film non-kartun.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:23153
Deposited By:Ms Niken P
Deposited On:15 Oct 2010 08:17
Last Modified:15 Oct 2010 08:17

Repository Staff Only: item control page