PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN DEPOSIT DI PERPUSTAKAAN DAERAH JAWA TENGAH

Ika , Lutfi Aulianti (2010) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN DEPOSIT DI PERPUSTAKAAN DAERAH JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Faculty of Humanities.

[img]
Preview
PDF - Published Version
107Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
22Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
118Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
111Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
172Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
29Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
31Kb

Abstract

ABSTRAK Judul skripsi ini adalah “Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Deposit di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap layanan deposit di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah dengan menggambarkan persepsi pemustaka terhadap prosedur layanan, ketepatan koleksi, kecepatan layanan, profesionalisme pustakawan serta tampilan layanan deposit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah pengunjung layanan deposit Perpustakaan Daerah Jawa Tengah tahun 2009 sebayak 250 orang sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 15% dari populasi yaitu sebanyak 38 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik penarikan sampel acak sederhana (Simple random sampling). Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Pengolahan data menggunakan statistika deskriptif dengan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pemustaka terhadap prosedur layanan deposit adalah baik yaitu sebesar 89,5%. Persepsi pemustaka terhadap ketepatan koleksi layanan deposit adalah sesuai yaitu sebesar 63,2%. Persepsi pemustaka terhadap kecepatan layanan deposit adalah kurang cepat yaitu sebesar 52,6%. Persepsi pemustaka terhadap profesionalisme pustakawan layanan deposit menunjukkan bahwa sebesar 76,3% mempersepsikan pustakawan layanan deposit tanggap, 81,6% mempersepsikan cepat dalam memberikan informasi, 76,3% mempersepsikan membantu mencari informasi yang dibutuhkan pemustaka dan 78,9% mempersepsikan sopan dan ramah. Persepsi pemustaka terhadap tampilan layanan deposit menunjukkan bahwa sebesar 52,6% mempersepsikan penataan eksterior dan interior ruang layanan deposit cukup bagus, 65,8% mempersepsikan puas dengan fasilitas layanan deposit, 68,4% mempersepsikan ventilasi dan pencahayaan ruang layanan deposit sesuai dengan harapan pemustaka dan 68,4% mempersepsikan kebersihan ruang layanan deposit sesuai dengan harapan pemustaka. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulannya adalah persepsi pemustaka terhadap layanan deposit di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah tergolong baik dengan persentase 55.3%. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis yang menunjukkan bahwa 47% responden mempersepsikan layanan deposit di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah baik dan 7.9% responden mempersepsikan layanan deposit di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah sangat baik. Kata kunci : Persepsi, Layanan Deposit

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:22045
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Sep 2010 12:22
Last Modified:07 Sep 2010 12:22

Repository Staff Only: item control page