Nurjati, Veronica (2009) Perbedaan kepuasan pasien dengan metode tim primer di Ruang Maranatha I dan tanpa metode tim primer di ruang Betani rumah sakit Mardi Rahayu Kudus. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
| PDF 72Kb |
Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id
Abstract
Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Skripsi, Desember 2008 Abstrak Veronica Nurjati Judul “Perbedaan kepuasan pasien dengan metode tim primer di Ruang Maranatha I dan tanpa metode tim primer di ruang Betani rumah sakit Mardi Rahayu Kudus” xiii+ 30 halaman + 2 tabel + 6 lampiran Latar Belakang: Rumah sakit Mardi Rahayu sebagai salah satu rumah sakit swasta di kabupaten Kudus harus bersaing ketat dengan rumah sakit negeri maupun swasta lainnya yang memberikan pelayanan serupa. Perawat dan asuhan keperawatannya adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari pelayanan keperawatan di rumah sakit, yang berlangsung terus menerus selama dua puluh empat jam. Perubahan desain pemberian asuhan keperawatan dengan metode tim primer diharapkan dapat lebih meningkatkan profesionalitas dan tanggung jawab perawat sehingga pelayanan yang diberikan diharapkan dapat memberikan kepuasan terhadap pasien. Tujuan Penelitian :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kepuasan pasien antara yang dirawat di ruangan yang telah menerapkan metode tim primer dengan pasien yang dirawat di ruangan yang belum menerapkan metode tim primer. Metode Penelitian: penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan cross-sectional. Subyek dalam penelitian ini adalah pasien yang di rawat di ruang Maranatha I dan ruang Betani dengan jumlah 30 responden di ruang maranatha I dan 30 responden di ruang Betani. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner kepuasan pasien. Analisisa data menggunakan uji t tidak berpasangan. Hasil penelitian: hasil penelitian dengan analisis t-test dapat diketahui bahwa nilai t hitung adalah sebesar 6,675, sedangkan nilai signifikasinya adalah 0,000 hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara ruangan yang telah menerapkan metode tim primer dengan ruangan yang belum menerapkan metode tim primer. Kesimpulan: ada perbedaan kepuasan pasien antara ruangan yang telah menerapkan metode tim primer dengan ruangan yang belum menerapkan metode tim primer. Kata kunci : metode tim primer, kepuasan pasien Studi literatur : 19 (1998 – 2008 )
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing Faculty of Medicine > Department of Nursing |
ID Code: | 9503 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 28 Apr 2010 11:45 |
Last Modified: | 28 Apr 2010 11:45 |
Repository Staff Only: item control page