FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENJUALAN IKAN ASIN BERFORMALIN DI KALANGAN PEDAGANG IKAN ASIN DI PASAR JOHAR SEMARANG TAHUN 2006

FAUZIAH, FAUZIAH (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENJUALAN IKAN ASIN BERFORMALIN DI KALANGAN PEDAGANG IKAN ASIN DI PASAR JOHAR SEMARANG TAHUN 2006. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Formalin dapat menimbulkan efek karsinogenik, mutagenik dan teratogonik. Pengusaha ikan asin memberikan formalin sebagai bahan pengawet untuk memperpanjang masa simpan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mendorong penjualan ikan asin berformalin di kalangan pedagang ikan asin di Pasar Johar,Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dan subyek penelitiannya adalah pedagang ikan asin diPasar Johar Semarang. Data kualitatif di kumpulkan dengan wawancara mendalam terhadap pedagang ikan yang menjual ikan asin berformalin dan petugas Balai POM Semarang. Data kualitaif yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan proses berpikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor predisposing dalam penelitian ini yaitu pengetahuan tentang formalin pada umumnya masih rendah, dan motif penjualan ikan asin berformalin dilatar belakangi oleh faktor ekonomi, faktor enabling yaitu bahwa pendapatan ikan asin berformalin sangat mudah, faktor reinforcing yaitu dukungan dari orang terdekat, rekan dagang dan kontrol dari BPOM yang tidak efektif berpengaruh terhadap hampir semua pedagang ikan asin di Pasar Johar Semarang dalam menjual ikan asin berformalin. Perlu adanya penelitian lebih lanjut terutama pada produsen ikan asin berformalin. Dan saran bagi instansi terkait perlu adanya penyebarluasan informasi tentang formalin. Kata Kunci: Ikan Asin Berformalin,ikan asin,formalin,Pasar THE FACTORS WHICH INFLUENTIAL TO SELLING FORMALINE SALTY FISH AT THE JOHAR MARKET, SEMARANG 2006 Formaline is chemical substances which dangerous for human health, because they could carcionogenic, mutagenic and teratogenic effect. In Indonesia, using formaline in food has very spread in big and small industries. A lot of industrialist of salty fish add formaline as preservatives for saving long term. The aim of this research is to know what the factors which motivated selling salty fish in salty fish seller in johar Market, Semarang. The type of this research is qualitative, andthe salty fish seller in Johar Market Semarang as research subject. Qualitative data was collected by deep interview to seller of formaline salty fish and Food and Drug Administration. Qualitative data which has been collected and the resulth show that predisposing factors in this research are low formaline knoledge and their just have economic motif for selling formaline salty fish, enabling factors are get easily for formaline salty fish, and the reinforcing factors are support from the close and business friend, in the other hand lost control by Food and Drug Administration influence significanlly to seller for vselling their product. The futther, it needs indeep continue research, and for Food and Drug Administration have to disseminate about formaline information for public. Keyword: Formaline Salty fish,Salty Fish, formaline,johar Market

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:9206
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:26 Apr 2010 10:39
Last Modified:26 Apr 2010 10:39

Repository Staff Only: item control page