Strategi Pemasaaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT Suara Merdeka Press Semarang

Sulistyanto, Stephanus Adhi (2010) Strategi Pemasaaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT Suara Merdeka Press Semarang. Working Paper. D3 Marketing FISIP Undip. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
62Kb

Official URL: http://fisip.undip.ac.id/

Abstract

PT Suara Merdeka Press Semarang adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang media informasi. Harian Umum Duara Merdeka adalah produk yang di hasilkan oleh PT Suara Merdeka Press Semarang. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat,maka perusahaan harus melakukan strategi pemasaran yang tepat untk meningkatkan volume penjualan. Dalam volume penjualan pada tahun 2003 sampai dengan 2007 perkembangan penjualan tertinggi pada tahun 2004 yaitu sebesar 2,84% dan penurunan penjualan terbesar adalah pada tahun 2006 yaitu sebesar -8,87%. Tujuan penelitian ini adala untuk mengetahui stratrgi pemasaran yang di gunakan oleh PT Suara Merdeka Press Semarang guna meningkatkan volume penjualan. Strategi pemasaran yang di lakukan oleh PT Suara Merdeka Press Semarang meliputi strategi penentuan produk, strategi penetapan harga.strategi promosi dan strategi distribusi. Tipe penelitian yang di gunakan adalah tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yatu menggunakan metode interview dan metode dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Analisis data yang di gunakan adalah analisis kualitatif. Strategi pemasaran yang di gnakan oleh PT Suara Merdeka Press Semarang strategi penentuan produk, strategi penetapan harga, strategi promosi dan strategi distribusi. Strategi penentuan produk meliputi produk yang di hasilkan, perencanaan produk dan pengembangan profuk. Strategi penetapan harga dilakukan dengan cara menetapkan harga yang lebih fleksibel. Strategi promosi meliputi periklanan, personal seling, promosi penjualan dan pubilitas. Strategi distribui yang dilakukan adalah dengan mendirikan agen di setiap kota. PT Suara Merdeka Press Semarang telah melakukan strategi pemasaran dengan baik, dalam melakukan strategi penentuan produk, strategi penetapan harga, strategi promosi, dan strategi distribusi. Bagi PT Suara Merdeka Press Semarang sejauh ini tidak ada hambatan yang berarti, adapun saran yang di berkan pada PT Suara Merdeka Press Semarang adalah mempertahan kan harga yang telah di tetapkan, menjamin ketepatan waktu dalam pengiriman surat kabar, mempertahankan isi berita, dan meningkatkan promosi penjualan.

Item Type:Monograph (Working Paper)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:8353
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Apr 2010 10:49
Last Modified:09 Apr 2010 10:49

Repository Staff Only: item control page