FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN NYERI LEHER PADA PENGGUNA SMARTPHONE (Studi Pada Masyarakat Umum di Pulau Jawa Tahun 2020)

NADHIFAH, NIDA (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN NYERI LEHER PADA PENGGUNA SMARTPHONE (Studi Pada Masyarakat Umum di Pulau Jawa Tahun 2020). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Smartphone merupakan salah satu gadget yang sudah sangat umum di era global ini. Penggunaan smartphone memiliki banyak manfaat, namun apabila digunakan secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti nyeri leher. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubunan dengan nyeri leher pada pengguna smartphone. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone yang berdomisili di Pulau Jawa yang ber usia lebih dari 18 tahun. Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional dengan besar sampel sebanyak 949 responden. Instrumen yang digunakan berupa angket yang disebarkan secara daring. Data dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil menunjukkan bahwa 56,8% responden mengalami nyeri leher. Faktor-faktor yang berhubungan dengan nyeri leher adalah durasi (0,008), postur leher (p<0,001), dan status adiksi smartphone (p<0,001). Dapat disimpullan bahwa durasi, postur leher, dan status adiksi smartphone merupakan faktor kejadian nyeri leher pada pengguna smartphone. Membatasi penggunaan smartphone dan membiasakan diri untuk menggunakan smarthone dengan postur leher yang baik dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kejadian nyeri leher. Kata Kunci : Nyeri Leher, Smartphone, Postur, Durasi, Adiksi Smartphone

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82893
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Apr 2021 10:31
Last Modified:07 Apr 2021 10:31

Repository Staff Only: item control page