ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5.0 PADA DOMAIN Deliver, Service, and Support (DSS01 dan DSS03) STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN MTs NEGERI 1 SEMARANG

Susilo, Tri Eko and Noranita, Beta (2019) ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5.0 PADA DOMAIN Deliver, Service, and Support (DSS01 dan DSS03) STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN MTs NEGERI 1 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

4Mb

Abstract

Perpustakaan sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, salah satu institusi yang memanfaatkan perpustakaan adalah sekolah. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas utama yang dimiliki sekolah untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar. Di era globalisasi, Teknologi Informasi (TI) pada perpustakaan sering menjadi tolak ukur kemajuan dari sebuah perpustakaan. Dalam pelayanan kepada siswa maupun guru, diperlukan tata kelola Teknologi Informasi yang baik untuk membantu proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Mts Negeri 1 Semarang telah menggunakan Sistem Informasi pada kegiatan pengelolaan bahan pustaka yang ada di Perpustakaan. Pemanfaatan sistem informasi tersebut masih belum optimal dalam penggunaan backup database, hal ini dikarenakan sistem yang digunakan masih bersifat offline sehingga kurang mendukung kinerja pelayanan perpustakaan. Dari informasi tersebut, diperlukan sistem tata kelola yang berstandar baik untuk mengevaluasi dan memastikan Tata kelola TI yang dijalankan dapat membantu MTs Negeri 1 Semarang dalam upaya mencapai tujuannya. Salah satu standar audit yang digunakan adalah Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT) 5. Domain COBIT 5 yang dipilih adalah domain Deliver, Service, dan Support (DSS) yang fokus pada penilaian pengiriman dan layanan teknologi informasi serta dukungannya terhadap proses transaksi bahan pustaka yang berlangsung termasuk pengelolaan masalah agar keberlanjutan proses transaksi bahan pustaka tetap terjaga serta bagaimana mengontrol, mengevaluasi, dan merencanakan secara jangka panjang proses transaksi bahan pustaka kedepan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kapabilitas dan kondisi tata kelola TI serta memberikan strategi perbaikan untuk mencapai tingkat kapabilitas yang lebih baik. Dari hasil penelitian, tingkat kapabilitas pada Perpustakaan saat ini (existing) berada pada level 2 dengan status Partially Achieved sebesar 50% pada Process Attribute (PA) 2.1 dan juga sebesar 25% pada PA 2.2. Hal ini setara dengan 2.5 pada PA 2.1 dan 2.25 pada PA 2.2, dimana pengkomunikasian pengelolaan data belum sepenuhnya dikelola dengan baik. Dan untuk mencapai level kapabilitas 3, Perpustakaan Mts Negeri 1 Semarang dapat melakukan strategi perbaikan yang dilakukan secara bertahap dari proses atribut 2.1 sampai 2.2. Kata Kunci : Perpustakaan, COBIT 5, Domain DSS, SIP Emtesa, Tingkat Kapabilitas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:82621
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2021 15:41
Last Modified:15 Feb 2021 15:41

Repository Staff Only: item control page