APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUB PEMBORONG PROYEK MENGGUNAKAN METODE VIKOR (STUDI KASUS DI PT. MUTIARA SAMUDRA PRATAMA BALI)

Putra, I Wayan Widnyana Waskhitha and Bahtiar, Nurdin (2019) APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUB PEMBORONG PROYEK MENGGUNAKAN METODE VIKOR (STUDI KASUS DI PT. MUTIARA SAMUDRA PRATAMA BALI). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

4Mb

Abstract

Sub pemborong proyek merupakan perusahaan yang menerima subkontrak dari perusahaan yang berlaku sebagai pemborong. PT. Mutiara Samudra Pratama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi yang dalam praktiknya menerima kontrak untuk mengerjakan suatu proyek. Dalam kesehariaanya perusahaan tersebut menggunakan cara tertulis untuk menentukan sub pemborong proyek, hal ini tentu saja mengakibatkan proses pemilihan sub pemborong memakan waktu lama dan kurang sesuai karena masih berfokus pada harga yang ditawarkan. Metode VIKOR yang merupakan salah satu bentuk Multi-Criteria Decission Making diajukan untuk mendapatkan solusi pemilihan sub pemborong yang tepat. Pada penelitian ini pembilihan sub pemborong berdasarkan 5 kriteria, yaitu harga, kelengkapan personil, kelengkapan peralatan, pengalaman, dan jumlah proyek yang telah dikerjakan sebelumnya. Metode VIKOR memberikan solusi dengan mencari nilai kompromi antar kriteria menggunakan utility measure dan regret measure. Pengujian blackbox dilakukan untuk memastikan aplikasi yang dibangun telah memenuhi kebutuhan pengguna. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan aplikasi sistem pendukung keputusan yang menggunakan metode VIKOR dalam penentukan pemeringkatan calon sub pemborong. Kata kunci : sub pemborong, VIKOR, Multi-Criteria Decission Making, Sistem Pendukung Keputusan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:82607
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2021 14:51
Last Modified:15 Feb 2021 14:51

Repository Staff Only: item control page