SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK PADA UPTD METROLOGI LEGAL KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

Yazidulhaq , Falah Ibrahim and Sarwoko, Eko Adi (2019) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK PADA UPTD METROLOGI LEGAL KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

4Mb

Abstract

UPTD Metrologi Legal Kota Semarang merupakan unit metrologi legal yang berfungsi mengontrol dan mengendalikan jenis alat-alat ukur, takar timbangan, dan perlengkapannya di wilayah Kota Semarang. UPTD Metrologi Legal Kota Semarang sangat menuntut kualitas SDM yang unggul demi mempertahankan kualitas dan kinerja unit. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah pemeringkatan kinerja pegawai untuk meningkatkan semangat kerja. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, terdapat sebuah sistem yang dapat menetapkan alternatif terbaik dari sejumlah alternatif berdasarkan kriteria tertentu yaitu Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sasaran kerja, nilai sikap, jumlah apel, dan kehadiran. Metode yang digunakan yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Metode AHP digunakan untuk memberikan bobot pada kriteria penilaian sedangkan metode TOPSIS digunakan untuk mengurutkan peringkat pegawai. Keluaran dari sistem ini berupa daftar peringkat pegawai berdasarkan nilai preferensi tertinggi hingga terendah. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecocokan pada perbandingan perangkingan hasil perhitungan sistem dengan perhitungan manual oleh institusi sebesar 80%. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, UPTD Metrologi, Sistem Perangkingan Pegawai, AHP, TOPSIS

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:82565
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2021 08:17
Last Modified:15 Feb 2021 08:17

Repository Staff Only: item control page