EVALUASI TATA KELOLA SISTEM PELAYANAN ONLINE DATA KEPENDUDUKAN MENGGUNAKAN COBIT 5 DOMAIN DSS (DELIVER, SERVICE, AND SUPPORT) (Studi Kasus: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang)

Pratama, Devi Pitaloka and Noranita, Beta (2019) EVALUASI TATA KELOLA SISTEM PELAYANAN ONLINE DATA KEPENDUDUKAN MENGGUNAKAN COBIT 5 DOMAIN DSS (DELIVER, SERVICE, AND SUPPORT) (Studi Kasus: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

3975Kb

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah di bidang administrasi kependudukan. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang di bidang administrasi kependudukan adalah pemanfaatan data kependudukan berbasis teknologi melalui sistem pelayanan online data kependudukan. Masyarakat bisa mendapatkan hasil data kependudukan yang lebih tepat dan akurat melalui sistem pelayanan online data kependudukan. Namun, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang selama ini belum pernah melakukan evaluasi terhadap teknologi informasi yang telah diterapkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi pada sistem pelayanan online data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang untuk mengetahui apakah teknologi informasi yang diimplementasikan sudah sesuai dengan yang diharapkan dan mendukung pencapaian tujuan strategis instansi. Standar yang digunakan untuk mengevaluasi penerapan teknologi informasi adalah COBIT 5. Domain COBIT 5 yang dipilih adalah Deliver, Service, and Support (DSS) yang fokus pada penilaian pengiriman dan layanan teknologi informasi serta dukungannya termasuk pengelolaan masalah agar keberlanjutan layanan tetap terjaga. Hasil capability level yang diperoleh yaitu level 2 untuk proses DSS03, DSS05, dan DSS06, serta level 3 untuk proses DSS01, DSS02, dan DSS04. Level target yang ingin dicapai adalah 5 yaitu optimizing process, sehingga rekomendasi yang dapat dilakukan adalah memaksimalkan proses yang sudah berjalan dengan baik, melakukan perencanaan prediksi kedepan dan membuat inovasi-inovasi terhadap proses bisnis agar berjalan lebih baik. Kata kunci : Evaluasi, Sistem Pelayanan Online Data Kependudukan, COBIT 5, Domain DSS, Capability Level

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:82556
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Feb 2021 09:49
Last Modified:14 Feb 2021 09:49

Repository Staff Only: item control page