ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN KOMODITAS SALAK PONDOH DI DESA GILIKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Permana, Afif (2020) ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN KOMODITAS SALAK PONDOH DI DESA GILIKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.

[img]
Preview
PDF
838Kb
[img]
Preview
PDF
96Kb
[img]
Preview
PDF
163Kb
[img]
Preview
PDF
253Kb
[img]
Preview
PDF
357Kb
[img]
Preview
PDF
127Kb
[img]
Preview
PDF
78Kb
[img]
Preview
PDF
1199Kb

Abstract

ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN KOMODITAS SALAK PONDOH DI DESA GIRIKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk 1) menganalisis pola saluran pemasaran salak pondoh,2)menganalisis marjin pemasaran dan farmer’s share buah salak pondoh pada masing-masing saluran pemasaran, 3) menganalisis tingkat efisiensi pemasaran buah salak pondoh, dan 4) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi pemasaran buah salak pondoh. Penelitian telah dilakukan pada 1 Oktober – 30 November 2019 di Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang ditentukan secara sengaja karena merupakan salah satu sentra penghasil salak pondoh di Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri atas sampel petani dan sampel lembaga pemasaran. Pengambilan sampel petani menggunakan metode simple random sampling dan jumlahnya menggunakan metode slovin sebesar 93 dari 1.358 populasi petani salak pondoh. Pengambilan sampel lembaga menggunakan snowball sampling sebanyak 33 responden yang terdiri dari 15 pedagang pengecer, 13 pedagang pengumpul, dan 5 pedagang besar. Tujuan 1 dianalisis secara deskriptif. Tujuan 2 dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Tujuan 3 dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan uji beda one sample t-test. Tujuan 4 dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat 4 pola saluran pemasaran salak pondoh di Desa Girikerto. 2) Nilai marjin pemasaran pada tiap pola I, II, III, dan IV masing - masing sebesar Rp0/Kg, Rp3.630/Kg, Rp5.984/Kg, dan Rp5.932/Kg dan nilai farmer’s share pada masing – masing pola sebesar 100%, 63%, 39%, dan 42%.3)Efisiensi pemasaran pada pola I termasuk kategori efisien, dan pola II, III dan IV masing – masing termasuk kategori kurang efisien. Terdapat perbedaan yang signifikan antara efisiensi pemasaran dengan standar efisiensi pemasaran. 4) Harga jual petani, harga beli konsumen dan biaya pemasaran secara serempak maupun parsial berpengaruh terhadap efisiensi pemasaran. Harga jual petani berpengaruh nyata dan bertanda negatif terhadap efisiensi pemasaran salak pondoh, artinya semakin tinggi harga salak pondoh pada tingkat petani, maka semakin kecil nilai efisiensi pemasarannya, demikian pula sebaliknya. Kata kunci : Efisiensi Pemasaran, Marjin Pemasaran, Salak Pondoh, Saluran Pemasaran

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:82488
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Feb 2021 11:04
Last Modified:09 Feb 2021 11:04

Repository Staff Only: item control page