BERBAGAI FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT MASSAL FILARIASIS (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Bnang I Kabupaten Demak)

SOLIKHA, Ikha and Hadisaputro, Soeharyo and Setyawan, Henry (2020) BERBAGAI FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT MASSAL FILARIASIS (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Bnang I Kabupaten Demak). Masters thesis, School of Postgraduate.

[img]
Preview
PDF
736Kb
[img]
Preview
PDF
236Kb
[img]
Preview
PDF
216Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

200Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

291Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

349Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

190Kb
[img]
Preview
PDF
152Kb
[img]
Preview
PDF
133Kb

Abstract

Latar Belakang: Demak adalah salah satu daerah endemis Filariasis dan telah melaksanakan program eliminasi yang dimulai pada tahun 2016 dengan cakupan yang terus menurun (87%, 85,64% and 84,88%) dengan tingkat kepatuhan sebesar 57,69%. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepatuhan minum obat massal filariasis. Metode: Desain penelitian ini adalah mixed method dengan pendekatan kuantitatif menggunakan case control dan pendekatan kualitatif yaitu indepth interview dengan populasi seluruh penduduk yang berusia 15-70 tahun yang mengikuti POPM di wilayah kerja Puskesmas Bonang I. Jumlah sampel sebanyak 68 sampel yaitu 34 kelompok patuh dan 34 tidak patuh, yang kemudian 10 informan utama dan 3 informan pendukung dilakukan indepth interview. Analisis data pata tahap kuantitatif terdiri dari analisis univarat, bivariat dan multivariat. Analisis data kualitatif terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil: Faktor-faktor yang berpengaruh adalah pengetahuan yang baik (p=0,042), keberadaan penderita filariasis(p=0,049), peran kader yang baik(p=0,024) dan sumber informasi yang berasal dari petugas kesehatan (p=0,010). Indepth interview yang dilakukan mendukung hasil metode kuantitatif yang telah dilakukan sebelumnya. Masyarakat yang patuh memiliki pengetahuan yang baik dan terdapat penderita filariasis dilingkungan tempat tinggalnya, peran kader filariasis yang baik dalam pelaksanaan POPM dan sumber informasi yang diterima masyarakat yang patuh sebagian besar berasal dari petugas kesehatan. Simpulan: Faktor yang berpengaruh adalah pengetahuan, keberadaan penderita filariasis, peran kader dan sumber informasi. Kata Kunci: Filariasis, Demak, Pemberian Obat Pencegahan Massal, POPM

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Filariasis, Demak, Pemberian Obat Pencegahan Massal, POPM
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:School of Postgraduate > Master Program in Epidemiology
ID Code:82293
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jan 2021 16:13
Last Modified:15 Jan 2021 16:13

Repository Staff Only: item control page