PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PROGRAM KARTU TANI DI WILAYAH KERJA BALAI PENYULUHAN PERTANIAN KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK

wahid, ahmad abdurrahman (2020) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PROGRAM KARTU TANI DI WILAYAH KERJA BALAI PENYULUHAN PERTANIAN KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.

[img]
Preview
PDF
475Kb
[img]
Preview
PDF
210Kb
[img]
Preview
PDF
393Kb
[img]
Preview
PDF
363Kb
[img]
Preview
PDF
941Kb
[img]
Preview
PDF
941Kb
[img]
Preview
PDF
188Kb
[img]
Preview
PDF
312Kb
[img]
Preview
PDF
2126Kb

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya implementasi kebijakan program kartu tani di wilayah kerja BPP Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Pelaksanan program kartu tani di Kabupaten Demak yang di launching sejak 2017 ternyata masih banyak ditemukan masalah yang menghambat dalam pelaksanaan program tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi dan problematika implementasi program kartu tani di wilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari-Maret 2020 dengan menggunakan jenis eksplanatori dan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah studi kasus. Lokasi ditentukan dengan purposive sampling. Penentuan informan menggunakan metode snowball sampling. Pengambilan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, catatan lapang dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penilitian ini adalah 1). Implementasi program kartu tani di wilayah kerja BPP Kecamatan Bonang Kabupaten Demak sudah sesuai dengan SOP kartu tani yang dibuat oleh pembuat kebijakan, walaupun demikian permasalahan teknis dan non teknis terdapat pada setiap tahapan pelaksanaan program kartu tani. 2). Problematika implementasi program kartu tani dipengaruhi oleh faktor komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi yang menjadikan kompleksitas dan kesinambungan dalam permasalahan. Saran yang dapat diberikan adalah mengoptimalkan dan membuat mekanisme yang lebih mudah dan secara aplikatif dapat dilaksanakan oleh pelaksana kebijakan maupun kelompok sasaran. Kata kunci: Implementasi, Kartu Tani, Kebijakan, Problematika, Pupuk Subsidi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:81973
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Jan 2021 19:07
Last Modified:01 Jan 2021 19:07

Repository Staff Only: item control page