KAJIAN PELAYANAN KRL STASIUN SUDIRMAN TERHADAP INTEGRASI ANTAR MODA DI KAWASAN DUKUH ATAS JAKARTA BERDASARKAN PERSEPSI PEKERJA

FAWWAZ, Faiqul and RAKHMATULLOH, Anita Ratnasari (2020) KAJIAN PELAYANAN KRL STASIUN SUDIRMAN TERHADAP INTEGRASI ANTAR MODA DI KAWASAN DUKUH ATAS JAKARTA BERDASARKAN PERSEPSI PEKERJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF (Judul)
259Kb
[img]
Preview
PDF (Bab I)
773Kb
[img]
Preview
PDF (Bab V)
113Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
237Kb

Abstract

KRL Stasiun Sudirman merupakan stasiun yang terletak di Kawasan Dukuh Atas Jakarta. KRL Stasiun Sudirman direncanakan menjadi stasiun pusat karena memiliki konektivitas dengan moda transportasi lainnya yang terdapat di Kawasan Dukuh Atas dan memiliki peran strategis terhadap mobilitas masyarakat khususnya pekerja yang beraktifitas di Kawasan Dukuh Atas. Padatnya aktfitas di Kawasan Dukuh Atas didukung oleh penyediaan pelayanan moda transportasi KRL Stasiun Sudirman yang dapat dikatakan secara keseluruhan sudah cukup optimal. Namun masih terdapat pelayanan pada integrasi yang belum memberikan pelayanan yang maksimal. Hal tersebut ditandai dengan masih rendahnya pelayanan akan sarpras pendukung integrasi antar moda, time headway yang tidak teratur, minimnya petunjuk informasi dan jadwal keberangkatan yang sering tidak sesuai. Oleh karenanya perlu adanya pembenahan akan peningkatan pelayanan KRL pada integrasi antar moda di Kawasan Dukuh Atas dalam persepsi pekerja, mengingat KRL sebagai moda transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat khususnya pekerja di Kawasan Dukuh Atas. Peningkatan pelayanan tersebut berdasarkan persepsi pengguna dilakukan agar dapat terciptanya sistem TOD yang baik di Kawasan Dukuh Atas. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji tingkat kualitas pelayanan KRL Stasiun Sudirman terhadap integrasi antarmoda di Kawasan Dukuh Atas Jakarta berdasarkan persepsi pekerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi lapangan dan telaah dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan analisis menggunakan CSI untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna akan pelayanan KRL terhadap integrasi antar moda di Kawasan Dukuh Atas. Setelah itu dilakukan analisis menggunakan IPA untuk mengetahui kesenjangan atau gap antara tingkat kinerja dan tingkat kepentingan pelayanan pada integrasi KRL di Kawasan Dukuh Atas yang nantinya akan menjadi bahan untuk menyusun prioritas penanganan dan peningkatan kualitas pelayanan KRL. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil kualitas pelayanan integrasi KRL Stasiun Sudirman terhadap integrasi antarmoda di Kawasan Dukuh Atas sudah memberikan kepuasan pengguna dengan nilai tingkat kepuasan pengguna sebesar 73,07%. Namun masih perlu adanya peningkatan pelayanan di lihat dari diagram kartesius IPA pada kuadran 1, bahwa pelayanan yang menjadi prioritas penanganan yaitu pada ketepatan jadwal perjalanan KRL, ketersediaan fasilitas penyandang disabilitas, ketersediaan informasi berkaitan dengan jadwal keberangkatan KRL dan moda transportasi lain, konektivitas jadwal KRL dengan moda transportasi lainnya, kecepatan dan ketepatan pelayanan dalam memberikan informasi yang dibutuhkan pengguna mengenai moda transportasi lain, dan ketersediaan fasilitas eskalator, lift dan tangga dalam berperpindah moda transportasi. Atribut pelayanan tersebut perlu untuk dilakukan penindak lanjutan agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada penggunanya. Sehingga dengan pengoptimalan pelayanan tersebut, Kawasan Dukuh Atas sebagai kawasan TOD dalam sistem integrasi transportasinya, dapat terealisasi sebagai simpul transportasi yang menghubungkan Kota Jakarta dengan area sekitarnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:81801
Deposited By:Jurnal Planologi
Deposited On:19 Nov 2020 10:08
Last Modified:19 Nov 2020 10:08

Repository Staff Only: item control page