FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 PADA MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang)

HARDIYANTI, TUTUT OKTA (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 PADA MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Mahasiswa seharusnya dapat menjadi agen perubahan yang berperan aktif membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular di Indonesia seperti diabetes mellitus tipe 2. Faktor yang berhubungan dengan praktik pencegahan diabetes mellitus tipe 2 pada mahasiswa perlu diketahui, sehingga upaya pencegahan diabetes mellitus dapat dilakukan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik pencegahan Diabetes mellitus tipe 2 pada mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. Penelitian ini menggunakan desain studi cross-sectional. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 407 responden. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa faktor yang berhubungan dengan praktik pencegahan diabetes mellitus tipe 2 pada mahasiswa yaitu jenis kelamin (p-value=0,05), bidang ilmu (p-value=0,00), riwayat keluarga menderita diabetes mellitus tipe 2 (p-value=0,017), tingkat pengetahuan (p-value=0,00), sikap (p-value=0,00), dan dukungan keluarga (p-value=0,00). Dapat simpulkan bahwa jenis kelamin, bidang ilmu, riwayat keluarga menderita diabetes mellitus tipe 2, tingkat pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga merupakan faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik pencegahan diabetes mellitus tipe 2 pada mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. Kata Kunci: Diabetes Mellitus tipe 2, Praktik, Pencegahan, Mahasiswa

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:81654
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Oct 2020 09:55
Last Modified:05 Oct 2020 09:55

Repository Staff Only: item control page