REPRESENTASI MASKULINITAS LAKI-LAKI DIFABEL DALAM FILM PAAFEKUTO WAARUDO KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES ローランド・バルテスの『パーフェクトワールド』の映画における障害を持っている男性の男性性に関する表現の記号論研究

Maya Amalia, Maya (2020) REPRESENTASI MASKULINITAS LAKI-LAKI DIFABEL DALAM FILM PAAFEKUTO WAARUDO KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES ローランド・バルテスの『パーフェクトワールド』の映画における障害を持っている男性の男性性に関する表現の記号論研究. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1765Kb

Abstract

INTISARI Amalia, Maya. 2020. “Representasi Maskulinitas Laki-laki Difabel dalam Film Paafekuto Waarudo; Kajian Semiotika Roland Barthes”. Skripsi, Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Semarang. Dosen Pembimbing Fajria Noviana, S.S., M.Hum. Skripsi ini mengkaji mengenai representasi maskulinitas laki-laki difabel dalam film Paafekuto Waarudo berdasarkan teori semiotika model Roland Barthes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan maskulinitas tokoh utama laki-laki yang bernama Itsuki Ayukawa yang merupakan seorang penyandang disabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode kualitatif dan metode simak catat untuk mengumpulkan datanya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan naratif dan semiotika. Pendekatan naratif digunakan untuk menganalisis unsur naratif seperti hubungan naratif dengan ruang, hubungan naratif dengan waktu, penokohan, serta permasalahan dan konflik. Kemudian, pendekatan semiotika digunakan untuk menganalisis tanda-tanda maskulinitas yang terdapat pada tokoh Ayukawa. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa representasi maskulinitas Ayukawa sebagai laki-laki penyandang disabilitas hanya mampu menggambarkan enam dari tujuh konsep maskulinitas menurut Chafezt. Enam konsep tersebut meliputi fisik, fungsional, seksualitas, intelektual, interpersonal, dan karakter personal. Emosionalitas merupakan satu konsep yang mempengaruhi penyandang disabilitas berbeda dengan laki-laki yang tidak memiliki keterbatasan fisik, yaitu penyandang disabilitas cenderung lebih sensitif. Kata Kunci : maskulinitas, disabilitas, unsur naratif, film.  

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Japanese
ID Code:81631
Deposited By:Indra
Deposited On:01 Oct 2020 11:42
Last Modified:01 Oct 2020 11:42

Repository Staff Only: item control page