Resort Hotel dan Agrowisata Kalipete Desa Kebowan Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang dengan pendekatan Green Building melalui platform EDGE

Fadli, M. Khoirul and Setyowati, Erni and Indriastjairo, Indriastjairo (2019) Resort Hotel dan Agrowisata Kalipete Desa Kebowan Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang dengan pendekatan Green Building melalui platform EDGE. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1050Kb
[img]
Preview
PDF
937Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

162Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2379Kb
[img]
Preview
PDF
455Kb
[img]
Preview
PDF
260Kb
[img]
Preview
PDF
176Kb

Abstract

Indonesia merupakan negara yang penuh dengan keberagaman budaya dan pariwisata. Sebagai negara agraris memiliki kekayaan alam terutama sumber daya hayati tropis yang sangat beragam.Kekayaan sumber daya sektor pertanian ini yang kemudian dimanfaatkan sebagai objek wisata menjadi Agrowisata (Agro-tourism) Agrowisata merupakan bagian dari obyek kepariwisataan yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai obyek utama. Pada prinsipnya, agrowisata merupakan kegiatan industri yang mengharapkan kedatangan konsumen secara langsung di tempat pariwisata yang diselenggarakan. Aset utama untuk menarik menarik kunjungan wisatawan adalah keaslian, keunikan, kenyamanan dan keindahan alam. Oleh karena itu faktor kualitas lingkungan menjadi modal penting yang harus disediakan, terutama wilayah yang dimanfaatkan untuk dijelajahi oleh wisatawan. Pemerintah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, berupaya untuk memaksimalkan potensi wisata alam yang dimiliki untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.Kabupaten Semarang merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak potensi di bidang pariwisata. Salah satu potensi yang dikembangkan kabupaten semarang adalah pariwisata di sektor pertanian (agro wisata), selain perkembangan agrowisata ,kabupaten semarang juga banyak mengembangkan Resort. Dengan potensi yang ada dan problematika yang ada maka “agrowisata dan resort desa kalipete kecamatan suruh Semarang “ merupakan solusi terbaik sebuah komplek kawasan di Kabupaten semarang yang memiliki serta memberi pelayanan dalam pemenuhan kebutuhan di bidang pertanian, perbelanjaan, rekreasi taman agro,penginapan,serta kuliner. Desain rencana kawasan tersebut menggunakan pendekatan desain “Green Building” Green Building adalah bangunan yang perencanaan, pembangunan, pengoperasian hingga dalam operasional pemeliharaannya memperhatikan aspek-aspek dalam melindungi, menghemat, mengurangi penggunaan sumber daya alam, menjaga mutu dari kualitas udara di dalam ruangan, dan memperhatikan kesehatan penghuninya yang semuanya berpegang kepada kaidah bersinambungan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:81571
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Sep 2020 14:05
Last Modified:25 Sep 2020 14:05

Repository Staff Only: item control page